Kamis, 18 September 2014

70 PETANI LAMPURA IKUT PENAS

Kotabumi (SL) - Setidaknya 70 petani berprestasi Lampung Utara (Lampura) mengikuti Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XIV di Kecamatan Panjen, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Penas ini sendiri akan berlangsung sejak 7 hingga 12 Juni mendatang.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lampura Samsir usai melepas kontingen petani Lampura diaula Badan Penyuluh Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan (BP4K), Rabu (4/6), mengatakan hendaknya para petani yang hadir dalam Penas kali ini memanfaatkan sebaik - baiknya kesempatan tersebut. Karena banyak sekali ilmu dan pengalaman dibidang pertanian yang dapat diserap para peserta Penas melalui kegiatan positif ini.

"Banyak ilmu dan pengalaman yang akan dapat diperoleh peserta Penas. Kita minta peserta manfaatkan dengan baik kesempatan ini," kata dia.

Menurutnya, Penas Petani Nelayan disamping sebagai forum pertemuan atau tempat kegiatan belajar mengajar tapi juga dapat menjadi ajang tukar menukar informasi dan pengalaman antar para Petani, Nelayan, Peneliti, Penyuluh, pihak swasta dan pemerintah. Dimana tujuannya bermuara pada pengembangan semangat, rasa tanggung jawab dan kemandirian bagi petani atau nelayan sebagai pelaku utama Pembangunan khususnya dibidang Pertanian, Perikanan dan Kehutanan diwilayahnya masing - masing.

"Kita harap, para peserta yang ikut dalam Penas dapat menerapkan ilmu dan pengalaman yang mereka dapat supaya dapat menghasilkan produk pertanian yang berdaya saing tinggi dengan daerah lain," ucapnya.

Ditempat yang sama, Kepala BP4K Lampura, Syahrudin Putera memaparkan bila para petani Lampura yang menjadi peserta Penas akan didampingi oleh sejumlah penyuluh Lampura. Dimana rangkaian kegiatan yang akan diikuti oleh peserta Penas itu diantaranya sarasehan dan pelatihan teknis tentang pertanian.

Mantan aktivis mahasiswa ini menuturkan bahwa kontingen petani Lampura yang mengikuti Penas tersebut merupakan orang - orang pilihan yang memiliki keahlian dibidangnya masing - masing seperti bidang tanaman pangan,  holtikultura, peternakan,  perikanan, kehutanan. "Mereka (peserta Penas) adalah orang-orang terpilih dan ahli dibidangnya masing - masing. Semoga mereka dapat menimba ilmu sebanyak - banyak disana," terangnya.

Ia berharap, semua ilmu dan pengalaman yang didapat oleh para peserta Penas Lampura akan dapat memberikan sumbangan positif dibidang pertanian sehingga menghasilkan produk - produk pertanian yang berkualitas dan berdaya tinggi. "Kedepan, kita harap peserta dapat menerapkan segala ilmu didapat bagi kemajuan dan pembangunan di Lampura khususnya bidang pertanian," tutup Mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lampura ini.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...