Sabtu, 20 September 2014

Kasal AL Kedepankan Pendekatan Persuasif Dalam Sengketa Lahan Dengan Warga

Kotabumi (SL) - Untuk pertama kalinya, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Indonesia, Laksamana Dr. Marsetio mengunjungi markas Proyek Pemukiman TNI AL (Prokimal) di Kecamatan Kotabumi Utara, Lampung Utara (Lampura).

Kedatangan Jenderal bintang empat yang menumpang helikopter ke daerah yang berjuluk Ragam Tunas Lampung ini didampingi oleh sejumlah perwira tinggi pada jajaran TNI AL, salah satu diantaranya Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Lampung Kolonel Laut (P), Suharto.

KSAL, Dr. Marsetio mengatakan, kedatangannya ke Kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Agung Ilmu Mangkunegara ini merupakan bentuk nyata dukungannya kepada warga pemukim dan ingin melihat langsung kondisi markas Prokimal Lampura. Dimana menurutnya, lahan Prokimal Lampura ini adalah pemukiman yang terluas yang pernah dimiliki oleh AL.

"Pemukiman ini untuk para personel AL yang sudah purna tugas. Untuk itu, saya sengaja kesini agar dapat melihat secara langsung bagaimana kondisi serta perkembangannya," tuturnya.

Pihaknya juga siap memenuhi permintaan para pemukim yang menginginkan adanya fasilitas pendidikan, sarana ibadah, ambulance dan bus angkutan serta kelengkapan-kelengkapan lainnya. Pasalnya, hal tersebut merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan sebagai bentuk penghargaan TNI terhadap para purna TNI AL. "Semoga dengan begitu, tingkat kesejahteraan dapat lebih meningkat," harap dia.

Sementara mengenai konflik sengketa lahan yang terjadi antara warga sekitar dengan Prokimal, KSAL mengatakan pihaknya akan lebih mengedepankan pendekatan secara persuasif dan mematuhi peraturan yang berlaku dalam menyelesaikan sengketa dimaksud. "Yang harus kita patuhi adalah aturan hukum dan kita akan selesaikan (sengketa lahan) secara persuasif," tuntas dia.

Hadir dalam kunjungan KSAL itu, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara dan seluruh jajaran Forum KomunikasiPimpinan Daerah (Forkompimda) Lampura.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...