Selasa, 23 September 2014

Distako Terus Perbaiki Lampu Jalan Meski Minim Anggaran

Kotabumi (SL) - Dinas Tata Kota (Distako) Lampung Utara (Lampura) mulai memperbaiki sejumlah lampu jalan pada titik atau daerah yang selama ini dirasa minim penerangan dimalam hari. Sayangnya, perbaikan lampu jalan dimaksud baru sebatas wilayah perkotaan dan sekitarnya.

"Karena keterbatasan anggaran maka fokus utama perbaikan lampu jalan yang kita lakukan sementara ini baru sebatas wilayah perkotaan dan sekitarnya," kata Kepala Distako, Mahendra, dikantornya, Selasa (9/9)

Adapun titik atau daerah yang telah diperbaiki tersebut yakni sepanjang ruas jalan lingkar kota seperti jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara (ARPN), Jenderal Sudirman, Raden Intan, dan jalan Bukit Pesagi, Soekarno - Hatta. "Jalan - jalan lingkar kota telah kita perbaiki," ucapnya lagi.

Meski pihaknya memusatkan perhatian perbaikan lampu jalan kepada wilayah perkotaan dan sekitarnya, namun pihaknya mengaku tetap memantau bagaimana kondisi penerangan jalan didaerah Kecamatan yang ada di Lampura. Bila mendapati kerusakan atau penerangan lampu jalan Kecamatan dirasa kurang memadai dan dananya tersedia maka pihaknya akan langsung memperbaikinya. "Daerah - daerah Kecamatan tetap kita pantau. Kalau rusak dan anggarannya ada, pasti akan langsung kita perbaiki," tuturnya.

Dikatakannya pula bahwa sejatinya perbaikan atau penambahan lampu jalan itu dilakukan diseluruh wilayah Lampung Utara. Namun, karena keterbatasan anggaran maka hal itu belum dapat dilaksanakan. Sebab, menurutnya, perbaikan atau penambahan lampu jalan akan berimbas kepada membengkaknya tagihan listrik Penerangan Jalan Umum (PJU). Dimana untuk tahun ini saja, kemungkinan besar, pihaknya terpaksa harus berutang tagihan listrik kepada PT. PLN karena anggaran sekitar Rp. 5 miliar untuk PJU yang telah dialokasikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dinilai tidak cukup.

Perhitungan kekurangan anggaran PJU ini didasarkan oleh penambahan titik atau perbaikan lampu jalan dan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) yang mulai naik pada pertengahan tahun ini. Pihaknya telah berupaya melakukan penambahan anggaran PJU sebesar Rp. 1,3 miliar dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBDP) 2014. Sayangnya, rencana penambahan anggaran itu sepertinya akan kandas lantaran RAPBDP hingga kini tak kunjung disahkan oleh DPRD Lampura. "Total dana PJU yang dibutuhkan tahun ini sekitar Rp. 6 miliar lebih makanya kita upaya melakukan penambahan pada RAPBDP. Sayangnya, RAPBDP belum juga disahkan," imbuh mantan pejabat Kabupaten Tulang Bawang Barat tersebut.

Ditambahkan Kabid Taman dan PJU, Kesuma Putra bahwa lampu jalan disejumlah Kecamatan yang telah diperbaiki pihaknya diantaranya seperti pada Kecamatan Abung Semuli, Abung Surakarta, Abung Timur, Abung Barat, Bunga Mayang, Sungkai Utara. "
Anggaran perbaikan atau penambahan lampu jalan berikut operasional, serta honor para Tenaga Harian Lepas tahun ini mencapai Rp. 500 juta," singkat dia.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...