Rabu, 12 Maret 2014

SERVER GANGGUAN, LELANG DITUNDA

Kotabumi (SL) - Lantaran server Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Lampung Utara (Lampura) mengalami gangguan tekhnis, Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa Dinas Pekerjaan Umum (PU) terpaksa memundurkan jadwal pelaksanaan lelang. Sedianya, proses lelang itu selesai Senin (3/3) pukul 10:00 WIB, namun dimundurkan hingga pukul 20.00 WIB.

"Karena ada kendala teknis di LPSE kita, maka jadwal lelang kita mundurkan hingga jam 8 malam nanti,"kata Kepala ULP Dinas PU, Khairil Ulangan, Senin (3/3).

Perubahan jadwal ini, menurutnya, berdasarkan pengumuman LPSE Lampura nomor 800/02/LPSE-LU/02 Maret 2014 lalu tentang gangguan teknis pada server LPSE setempat. Akibat adanya gangguan tekhnis itu menyebabkan para vendor (rekanan) tidak dapat mengikuti proses lelang secara elektronik sehingga tak satupun perusahaan dari para rekanan yang memasukan penawarannya.

"Para Vendor tidak bisa memasukan penawaran hingga limit waktu yang ditentukan. Jadi, terpaksa kita rubah jadwalnya," terang dia.

Adapun jumlah keseluruhan proyek yang dilelang di LPSE tahun ini berjumlah 608 paket pekerjaan dengan nilai total Rp. 204.981.561.500. "Kalau Dinas PU sendiri ada 294 paket yang dilelang secara elektronik red)," kata dia.

Ditempat berbeda, Kepala LPSE Lampura, Yunizar membenarkan bila servernya mengalami gangguan yang diakibatkan kelebihan beban jaringan (Bandwidth) saat proses lelang tersebut. Padahal, pihaknya baru saja menambah Bandwidth mereka di PT. Telkom setempat menjadi 3 Giga byte (Gb), dari semula 2Gb. "Selain terbebani Bandwidth yang berlebih, gangguan teknis juga disebabkan jaringan internet yang tidak stabil ditambah seringnya pemadaman listrik," ucap dia.

Hal inilah yang menyebabkan pihaknya bersama ULP mengambil kebijakan memundurkan jadwal lelang agar para Vendor dapat mengikuti proses lelang. "Ini sudah yang kedua kalinya kami merubah jadwal karena gangguan teknis, gangguan teknis ini juga terjadi di Kabupaten lain," tuntas dia.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...