Rabu, 12 Maret 2014

ABDI DILANTIK 25 MARET

Kotabumi (SL) - DPRD Lampung Utara (Lampura) memastikan bahwa pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) September silam, Agung Ilmu Mangkunegara - Paryadi (ABDI) akan dilaksanakan pada 25 Maret mendatang.

"Sesuai jadwal, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, ABDI akan dilaksanakan pada 25 Maret ini," kata Sekretariat DPRD (Sekwan) Lampura, Syahrial Adhar, Selasa (4/3).

Bahkan Sekwan mengatakan, Surat Keputusan (SK) Presiden tentang pelantikan Bupati dan Wakil Bupati dari pemerintah pusat telah diterima oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan akan segera diserahkan langsung oleh Pemprov Lampung ke DPRD Lampura. "Perwakilan dari Pemprov saat ini sedang dalam perjalanan menuju kesini (Lampura) untuk menyerahkan SK Presiden tentang Bupati dan Wakil Bupati terpilih yakni ABDI. Diperkirakan mereka akan tiba sore ini," ucap Sekwan.

Namun demikian, menurutnya, penetapan jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang akan dilaksanakan pada 25 Maret ini telah ditentukan oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Lampura jauh hari sebelumnya. Dimana, Banmus sendiri dalam menetapkan jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih berpatokan pada hari pengambilan sumpah jabatan pasangan Bupati dan Wakil Bupati lama yang dilakukan pada 25 Maret 2008 silam.

Sedangkan mengenai besaran dana yang dipersiapkan dalam pelantikan itu, Sekwan mengatakan bahwa dana pelantikan itu berbarengan dengan dengan dana pelantikan anggota legislatif terpilih dalam Pemilihan Legislatif mendatang. Dimana dana untuk kedua pelantikan itu mencapai sekitar Rp. 350 juta. "Anggaran sebesar Rp. 350 juta itu bukan hanya untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati saja tapi juga telah termasuk dana pelantikan Anggota Dewan terpilih yang baru pada Pemilihan Legislatif nanti," katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan, seluruh persiapan yang diperlukan dalam pelantikan itu telah sebagian besar dilakukan oleh pihaknya seperti Tata Urutan Acara, Naskah Pelantikan, Tata letak para undagan, Daftar rencana undangan, Peralatan sound sistem. "Tanggal 10 Maret ini, kita akan mengadakan rapat panitia besar terkait persiapan pelantikan," ucap dia.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pendukung dan simpatisan ABDI untuk tidak ngotot memasuki ruang paripurna DPRD dikarenakan kapasitas ruang paripurna koordinasi terbatas yang hanya dapat memuat sekitar 350 orang. "Karena kapasitas hanya cukup untuk 350 orang saja, jadi kita imbau silahkan melihat prosesi pelantikan diluar ruang paripurna melalui layar raksasa yang telah disediakan," tutup dia.

Setali tiga uang. Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Pemkab, Suarter Alfian membenarkan bila pelantikan ABDI sebagai Bupati dan Wakil Bupati periode 2014 - 2019 akan dilakukan pada 25 Maret ini. Sebab, bila tidak segera dilantik pada tanggal tersebut, pria yang akrab disapa dengan sebutan Paksu ini menyatakan bahwa akan menimbulkan kekosongan pucuk pimpinan dan hal ini tidak diperbolehkan secara aturan. "Kalau tidak dilantik (ABDI), maka harus ditunjuk Plt. (Pelaksana Tugas) Bupati," tandas dia.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...