Senin, 15 April 2013

LIMA PELAJAR SMA IKUTI UN DIDALAM TAHANAN


Kotabumi (SL) - Sedikitnya lima tahanan pelajar SMA/SMK di Lampung Utara (Lampura) Senin (15/4), mengikuti hari pertama Ujian Nasional (UN) didua tempat berbeda. Kelima pelajar tersebut yakni dari Ap (17), EK (18), AS (17), JM (17), RZH (18).

Untuk AP, EK, dan AS mengikuti UN di Aula Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II B Kotabumi. Sedangkan JM (17) dan RZH mengikuti UN di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) anak kelas II A Kotabumi.

"Di Lapas anak kelas II A Kotabumi ini ada dua tahanan yang mengikuti UN hari ini. Pelaksanaannya diawasi oleh pihak sekolah masing-masing, serta kepolisian,” kata  Kasi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan (Bimkemaswat) Lapas Anak Kelas II A Kotabumi,  A Hasrin Badri, Senin (15/4).

Kedua tahanan yang ikut UN itu, katanya, juga mendapat dorongan moral dari orang tuanya yang mengantarkan pakaian seragam sekolah beserta peralatan Ujian. "Orang tua mereka (pelajar) ikut datang mendampingi anaknya UN meski dari luar ruangan," ucapnya lagi.

Sementara, JM, salah satu peserta UN Lapas Anak Kotabumi mengaku meski sempat grogi mengerjakan soal UN namun dirinya secara keseluruhan dirinya menyebutkan bahwa mampu mengerjakan semua soal UN tanpa hambatan. "Semua soal sudah saya jawab dengan mudah,” tuturnya.

Kendati harus mengikuti UN di dalam tahanan, tapi dirinya optimis akan dapat lulus dengan angka yang bagus pada tahun ini. "Saya yakin bisa lulus dengan nilai yang baik,”ujarnya.

Pengalaman pahit mengikuti UN didalam Lapas membuat dirinya berjanji tak akan kembali mengulangi kesalahan yang sama pada waktu mendatang. melanggar hukum yang sudah dilakukannya.

Ditempat berbeda, Kepala Rutan Kelas II B Kotabumi Chandra Listiono menjelaskan bahwa pelaksanaan UN ditempat yang ia pimpin berjalan dengan baik tanpa ada kendala berarti. "Status sebagai tahanan tidak akan merampas hak mereka untuk mengikuti UN. Syukur, semuanya dapat mengerjakan soal dengan baik dan lancar,” katanya.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...