Selasa, 23 April 2013

69 PANWASCAM RESMI DILANTIK


Kotabumi (SL) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Lampung Utara (Lampura) melantik 69 anggota Panitia Pengawas Kecamatan  (Panwascam) Pemilihan Umum Kepala Daerah Lampung Utara, digedung Pusiban Agung Kotabumi, Selasa (23/4).

“Pelantikan ini adalah titik awal bagi Panwascam untuk melaksanakan tugas dan wewenangnya sebagai Penyelenggara  Pemilukada,” kata Ketua Panwaslu setempat, Johansyah Mega, usai pelantikan tersebut.

Melihat keberagaman latar belakang dari para anggota Panwascam tersebut, ia meyakini bahwa Panwascam ini akan mampu mengawal dan melaksanakan tugas pengawasan secara maksimal disetiap wilayah Kecamatannya. “Panwascam yang kita lantik hari ini memiliki latar belakang yang beragam mulai dari segi profesi, pengalaman, dan organisasi. Saya yakin keberagaman ini tidak akan mengganggu tugas dan fungsi mereka (Panwascam) untuk menciptakan Pemilu yang Luber dan Jurdil sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang - Undang No. 15 tahun 2011 tentang penyelenggaraan pemilihan umum,” ujar dia.

Ali Sidik, anggota Bawaslu Lampung mengatakan bahwa hendaknya setiap anggota Panwascam yang telah dilantik dapat menjalankan tugas dan wewenangnya dengan sebaik-baiknya. “Panwascam ini sebagai garda depan dalam mengawasi lajunya Pemiulkada yang bersih dan aman,” tegas dia.

Mengenai keraguan sejumlah pihak terhadap netralitas Panwascam yang baru saja dilantik tersebut, ia hanya menyebutkan biarkan masyarakat sendiri yang menilainya melalui hasil pekerjaan dilapangan. “Tetap jaga etika dalam tugas. Tapi bila ada yang melanggar etika itu, kita tidak tinggal diam. Pasti kita tindak,” ungkap dia.

Ia juga memastikan, seluruh Panwascam yang baru saja dilantik ini akan dikukuhkan sebagai Panwascam pileg yang mengawasi pelaksanaan pemilu 2014 nanti. “Jadi. Beban mereka (Panwascam) akan kembali bertambah karenanya, “ pungkasnya.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...