Senin, 22 April 2013

KESADARAN BERLALU LINTAS WARGA LAMPURA RENDAH


Kotabumi (SL) Pelanggaran lalu lintas di Lampung Utara masih tergolong tinggi. Buktinya, dalam kurun waktu empat bulan yakni sejak Januari hingga April ini telah terjadi sebanyak 2381 bentuk tindak pelanggaran lalu lintas.

“Bulan Januari pelanggarannya sebanyak 674 pelanggaran. Februari sebanyak 754 pelanggaran. Maret sebanyak 453 pelanggaran. Sementara bulan April ini, terhitung sejak tanggal 1 hingga 22 telah terjadi sebanyak 500 tindak pelanggaran lalu lintas,” kata Kanit pengaturan, penjagaan, pengawalan, patroli lalu lintas (Turjawali), Iptu Elfis, via ponselnya, Senin (22/4).

Bentuk tindak pelanggaran yang berujung penilangan yang dilakukan pihaknya tersebut, kata dia, kebanyakan didominasi kesalahan seperti tidak mengenakan Helm, kelengkapan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta Surat Izin Mengemudi (SIM).    

“Selain untuk menimbulkan efek jera kepada para pelaku pelanggaran lalu lintas, kita juga ingin memberikan pemahaman seluruh perlengkapan yang diwajibkan bagi para pengendara seperti Helm, SIM, STNK tersebut bertujuan untuk kepentingan para pengendara sendiri,” terang dia.

Dirinya menyebutkan bahwa tingginya pelanggaran yang terjadi diwilayah hukum Lampura disebabkan kurangnya pemahaman dari masyarakat setempat bagaimana berkendara yang baik dan aman. Ia juga tak menampik bila kurangnya kesadaran atau pemahaman berkendara yang baik dan aman dari para pengendara menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas. “Bila para pengendara tertib berlalu lintas, otomatis angka kecelakaan akan turun. Hampir 99 persen kecelakaan dikarenakan pelanggaran,” ucap dia.

Mengenai prioritas pelanggaran yang wajib dikenakan tilang, dirinya mengatakan bahwa pelanggaran tersebut diantara pelanggaran marka jalan, berboncengan lebih dari satu, tidak memakai helm, kelebihan muatan, melawan arus, bergelantungan, tidak membawa kelengkapan surat berkendara seperti SIM dan STNK.

“Operasi rutin dan pemantauan arus lalu lintas jelasnya akan terus dilaksanakan agar tercipta ketertiban, keamanan dan kelancaran arus lalu lintas di Lampura,” ungkapnya.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...