Selasa, 25 September 2012

TARGET PAD DINAS PU HANYA RP. 36 JUTA


Kotabumi, HL - Hingga menjelang akhir tahun 2012, realisai Pendapatan Asli Daerah Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lampung Utara (Lampura) baru mencapai 40 persen yakni Rp.15 juta dari target PAD senilai Rp.36 Juta. Capaian target PAD Dinas PU yang baru 40 persen ini jelas tidak berbanding lurus dengan dana yang diterima Dinas PU Lampura tahun 2012 yang mencapai RP. 134.900.093.982.

“Hingga September ini, PAD yang kita terima baru mencapai Rp. 15 juta dari target PAD Rp.36 Juta yang telah ditetapkan. Tapi kita optimis, target itu akan bisa kita capai pada bulan November mendatang” ujar Sekretaris Dinas PU Lampura, Hendri US,diruangannya, Selasa (25/9).

Sumber PAD Dinas PU Lampura, jelas Hendri US, bersumber dari retribusi pemakaian alat – alat berat diantaranya Wales dan Truk sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Daerah nomor 14 tahun 2009 tentang retribusi pemakaian alat – alat besar / alat – alat berat dan alat angkutan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara.

Sayangnya, dari 23 alat berat yang dimiliki Dinas PU Lampura, hanya kedua alat berat tersebut yang menghasilkan PAD. Sementara, yang lainnya mengalami kerusakan atau tidak dapat difungsikan dengan baik.

“Banyak alat – alat berat kita tidak jelas keberadaannya dan menyebar diberbagai wilayah di Lampura. Selain itu, kondisi alat –alat berat tersebut pun sangat memprihatinkan karena banyak yang mengalami kerusakan. Sementara, dana pemeliharaan alat – alat berat itu sangat minim,” bebernya lagi seraya menambahkan bahwa alat – alat berat yang tercantum dalam Perda nomor 14 Tahun 2009 hanyalah daftar nama saja tanpa bisa difungsikan.

Ketika ditanya langkah apa yang telah dilakukan dinas PU terkait aset yang bernilai puluhan miliar itu agar tidak hilang dan rusak, Hendri US enggan berkomentar banyak. Kendati demikian, dirinya menyebutkan bahwa guna mengembalikan sejumlah alatberat yang tersebar dibeberapa wilayah di Lampura membutuhkan dana yang tidak sedikit.

“Karena dana pemeliharaan itu sangat minim maka langkah yang kita lakukan adalah dengan memindahkan suku cadang alat – alat berat yang telah rusak ke alat – alat berat yang akan diperbaiki. Sedangkan untuk memindahkan sejumlah alat berat itu ke kantor Dinas PU, dananya sangat besar. Contohnya, untuk memindahkan satu wales memerlukan dana sebesar tiga juta Rupiah,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...