Rabu, 19 September 2012

PEMBANGUNAN PATUNG RPN TELAN Rp. 1.5 M


Kotabumi, HL -Pembangunan Tugu Alamsyah Ratu Prawira Negara(ARPN) senilai Rp 1,5 Miliyar dimulai. Sesuai dengan rencana pembangunan tugu dengan ketinggian sekitar 6 meter ini berlokasi di perempatan jalan Tjukul Soebroto depan Rumah Makan(RM) Taruko Jaya.

Tampak di lokasi sebuah eksapator beroperasi meratakan taman yang ada di perempatan tersebut dan sejumlah truk pengangkut berbagai material taman. “Rencananya akan diratakan dengan tanah terlebih dulu, baru pembangunan dimulai,” ujar salah seorang pekerja di lokasi, kemarin(18/9).

Sementara Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum(PU) Lampura Hendri Us menyatakan, jika dalam pembangunan patung ARPN akan diletakan simetris dengan perempatan jalan tersebut. “Jadi lokasi patung ini akan ditempatkan pada posisi yang simetris dengan badan jalan,” ujarnya.

Kemudian ketinggian patung diperkirakan sekitar enam meter itu sudah termasuk penyangganya. Dan posisi patung akan menghadap ke arah Bandarlampung. “Karena tugu ini sejenis tugu selamat datang maka posisi patung akan menghadap ke Bandarlampung,” kata Hendri seraya menyebutkan dalam pembangunan patung tersebut tidak akan ada pembebasan lahan karena ukuran badan jalan untuk pembangunan patung tersebut sudah mencukupi.

Hendri Us mengaku tidak mengetahui secara persis pihak rekanan yang mendapat pekerjaan itu. Namun dia berharap pekerjaan tersebut bisa sesuai dengan bestek. “Inikan sudah ada perencanaannya oleh bagian tehnis kita. Jadi supaya dapat tahan lama dan bisa menambah indah wajah Kabupaten Lampung Utara, harapan kita semua bisa dibangun sesuai dengan bestek yang ada,” kata dia.

Terkait dengan penyelesaian pembangunan patung ARPN, Hendri Us menjelaskan, kalau sesuai dengan rencana, dirampungkan tahun ini juga. Tapi kalau memang waktunya tidak mencukupi karena terdapat kendala alam tidak menutup kemungkinan tahun 2013. “Jadi tidak kaku dalam pekerjaan. Harapan kita sih selesai dalam tahun ini juga,” pungkasnya
.
Sementara Eki selaku Pejabat Pelaksana Tehnis Kegiatan(PPTK) Pembangunan Patung ARPN menyatakan, untuk anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan ini nilainya mencapai Rp 1,5 Miliyar dari APBD Murni Tahun 2012. Sayangnya Eki tidak mengetahui secara rinci terkait pembangunan yang akan dilaksanakan ini termasuk siapa rekanan yang mengerjakan, kemudian luas badan jalan yang akan digunakan, serta berbagai kelengkapan patung yang akan dibuat itu.

“Aduh, itu ada dibagian tekhnis, silahkan hubungi mereka saja,” pungkas Eki melalui saluran telepon selulernya, kemarin.

Pantauan dilokasi hingga pukul 14.00 WIB di lokasi tidak ditemukan papan informasi terkait pekerjaan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...