Kamis, 06 September 2012

KPUD TERIMA 8 BERKAS PARPOL


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) telah menerima sembilan partai politik (Parpol) calon peserta pemilu 2014, yang melakukan pendaftaran verifikasi.

Demikian diungkapkan ketua KPU Lampura, Marthon, kepada sejumlah wartawan diruang kerjanya, Kamis (6/9). “Sehari menjelang ditutupnya pendaftaran, kami telah menerima sembilan parpol Calon peserta pemilu 2014. dan akan kita tunggu pendaftaran dari parpol lain hingga besok (hari ini,red),“ ujar Marthon.
Dijelaskannya, kesembilan parpol tersebut yakni Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Bulan Bintang, Nasional Demokrat dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia serta Partai Pelopor.

Menurutnya, dari keseluruhan  parpol yang nanti telah resmi mendaftarkan diri sekaligus menyampaikan dokumen kepengurusan yang digunakan untuk verifikasi, maka KPUD selanjutnya melakukan verifikasi administrasi, yakni pemeriksaan kelengkapan bukti tertulis berkenaan dengan pemenuhan syarat parpol menjadi peserta pemilihan umum, dan verifikasi faktual untuk mencocokan kebenaran bukti-bukti tertulis terhadap kenyataan dilapangan yang berkenaan dengan pemenuhan syarat parpol menjadi peserta pemilu

"Nantinya ada dua verifikasi yang dilakukan, yakni verifikasi administrasi dan verifikasi faktual," jelasnya

Marthon juga mengungkapkan, jadwal penye­rahan berkas persyaratan parpol berlangsung dari tanggal 10 Agustus hingga 7 September 2012. Kemu­dian verifikasi faktual atau pencocokan berkas.Nantinya, tambah Marthon, berbagai persyaratan yang akan kami verifikasi, mulai dari kepe­ngurusan, keanggotaan, dan kesekre­tariatan dan juga parpol wajib memiliki keang­gotaan minimal 1.000 ribu orang atau 1/1.000 Kartu Tanda Anggota (KTA).

“KPUD Lampura akan mela­kukan verifikasi faktual  kepada seluruh parpol calon peserta pemilu 2014 sebanyak 10 persen sampling yang diserahkan,” urai dia

Dia menambahkan, bagi pihak pimpinan parpol yang kurang paham terkait verifikasi, dia meminta agar berkoordinasi saja ke KPUD Lampura. Sebab, tidak hanya sebatas kesekretariatan, kepengurusan, juga verifikasi faktual terhadap kartu tanda anggota (KTA) masuk dalam bagian verifikasi tersebut. 

”Selagi masih ada waktu, segera mungkin untuk semua parpol berkoordinasi dengan KPUD terkait persoalan verifikasi,” terangnya

DPC Gerindra serahkan berkas
DPC Partai Gerindra Lampura, Kamis (6/9), menyerahkan berkas persyaratan parpol peserta pemilu ke KPUD setempat untuk diverifikasi. Pendaftraan dipimpin langsung Ketua DPC, Farouk Danial beserta puluhan anggota dan kader partai besutan Prabowo Subianto tersebut. 

Ditegaskan Farouk, Partai Gerindra optimis lolos menjadi parpol peserta pemilu dan menjadi pemenang pada Pileg 2014. Kemudian target perolehan kursi di Kabupaten Lampura pada Pileg mendatang yakni sebanyak 2 kursi masing dapil.

“Kami telah menyerahkan tujuh syarat yang diminta KPUD Lampura, dan kami juga telah menyerahkan 1000 fotocopy KTA untuk diverifikasi “ Pungkasnya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...