Selasa, 08 April 2014

PEMKAB BERSIHKAN DRAINASE DEPAN PT. TELKOM

Kotabumi (SL) – Penyebab terjadinya genangan air didepan kantor Telkom Kotabumi, Lampung Utara (Lampura) akhirnya terungkap. Ternyata genangan air yang kerap merendam jalan Jenderal Sudirman tepatnya dikantor Telkom disebabkan oleh keberadaan sejumlah pipa milik Telkom yang ada didalam saluran drainase.
“Ada dua titik pipa milik Telkom yang menjadi penghalang kelancaran air didalam saluran drainase,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Azwar Yazid usai memimpin Tim Tekhnis untuk membersihkan saluran tersebut, Minggu (6/4).

Kedua pipa yang berukuran berbeda tersebut menjadi faktor utama tersumbatnya aliran air pada dua saluran drainase yaitu drainase didepan kantor Telkom yang berada dilajur kiri dan drainase dilajur kanan. Dimana posisi sejumlah pipa milik PT. Telkom itu terpasang secara diagonal (melintang) didalam saluran drainase. “Lama – kelamaan, sampah yang tersangkut dipipa – pipa yang berukuran 3 dan 5 inc itu menjadi banyak dan menumpuk. Akibatnya, air jadi tersumbat dan meluap ke median jalan,” terang dia.

Tim gabungan yang terdiri dari Bappeda, Dinas Perkerjaan Umum (PU), Dinas Tata kota Dan Kebersihan (Distako), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ini, katanya lagi, mendapat perintah langsung dari Bupati untuk membersihkan salruan drainase mana saja yang tersumbat agar tidak lagi meluap dan mengganggu kenyamanan para pengguna jalan. “Pak Bupati perintahkan kami (Tim) untuk membersihkan saluran drainase yang selama ini kerap banjir akibat drainase-nya tersumbat,” tutur mantan Kepala Dinas PU ini.

Menurut Adin, sapaan akrabnya, sejumlah ruas jalan Jenderal Sudirman acap kali digenangi air yang tingginya mencapai hingga 30 cm tiap kali turun hujan seperti yang terjadi didepan kantor PT. Telkom. Dan bila sudah terjadi genangan air khususnya didepan kantor PT. Telkom, maka genangan air itu lama untuk surut dan bisa menggenang hingga berhari – hari. “Satu jam saja hujan turun maka air pasti menggenang disitu. Dan genangan itu bisa sampai dua atau tiga hari," ucap dia.

Dikatakannya, Tim ini telah bekerja sejak dua hari yang lalu. Dimana sejumlah titik drainase yang tersumbat telah ada yang dibersihkan. Tim ini mengerahkan satu unit mobil penyedot lumpur atau pasir, satu unit mobil pengangkut sampah, satu unit mobil pemadam kebakaran milik BPBD. “Semua lumpur dan sampah telah kita angkut. Mudah-mudahan, tidak ada lagi genangan air dijalan depan Telkom ini," harapnya.

Ditempat yang sama, salah seorang tim Dinas PU yang enggan disebutkan namanya mengatakan sedikitnya terdapat lima unit pipa yang ada disaluran drainase baik dilajur dilajur kanan maupun lajur kiri. “Waktu saya masuk ke dalam drainase itu, sampah banyak yang tersangkut dipipa milik PT. Telkom. Dan semua sampah itu sudah Kami angkat," kata dia.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...