Senin, 05 November 2012

YORDAN : PAN BELUM TENTU KE INCUMBENT

Kotabumi, HL - Meski mengakui telah menerima banyak pinangan dari para kandidat peserta pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lampung Utara (Lampura) tahun 2013 mendatang, namun Partai Amanat Nasional (PAN) Lampung Utara masih enggan buka suara terkait kandidat yang akan diusungnya.



"Beberapa bulan sejak saya dilantik sudah ada kandidat yang meminang kita (PAN) dan hingga kini, pinangan itu masih terus masuk ke partai. Tapi, kan proses partai itu ada. Dan itu sudah saya kemukakan pada para kandidat itu. Yang jelas, sampai hari ini, PAN belum memutuskan siapa kandidat yang akan diusung karena masih akan menunggu  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Kendari  pada bulan Desember nanti. Jadi, PAN akan ambil keputusan setelah Rakernas itu," tutur Ketua DPC PAN setempat, Yordan Bangsa Ratoe, via ponselnya, Senin (5/11).



Sebab, menurutnya, hasil keputusan Rakernas-lah yang akan menentukan apakah PAN akan mengusung kadernya sendiri atau tidak pada perhelatan akbar lima tahunan di Lampura tersebut.



"Seandainya, ada kader yang akan maju, jelas akan didukung secara total. Tapi, jika tidak ada kader, PAN tidak boleh dijual," ujarnya mengutip perkataan Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa.



Selain menunggu hasil Rakernas, ia menambahkan, faktor elektabilitas (factor keterpilihan) seorang calon juga menjadi bahan pertimbangan partainya dalam mengusung seorang calon kandidat peserta Pilkada.



"Elektabiltas seseorang dapat diketahui dengan metode survey dilapangan. Kita akan adakan survey pada 23 Kecamatan di seluruh Lampura agar tingkat elektabilitas para kandidat yang ada dimata masyarakat dapat diketahui dengan pasti. Mungkin saja dari hasil survey itu akan muncul kandidat baru," sebut legislator partai yang berlambang matahari terbit itu.



Disamping itu, lanjut dia lagi, kandidat yang akan dipilih PAN mendatang haruslah seseorang yang memiliki komitmen yang kuat kepada masyarakat dan kepada partai pengusungnya. Komitmen kepada masyarakat adalah komitmen untuk membangun Lampung Utara dan bukan hanya bisa mengobral jargon (slogan) tanpa realisasinya yang jelas.



"Kalau jargon-nya ingin membangun, ya membangun. Kemudian, juga dalam membangun tidak pilih-pilih. Maksudnya gini, jangan karena si A itu saudara saya, maka proyek itu jatuh ke tangan si A," jelasnya seraya menyatakan bahwa para kandidat yang telah ada selama ini telah cukup mumpuni.



Ketika disinggung mengenai kemungkinan akan ikut mendukung calon incumbent saat ini (calon yang berkuasa), ketua Komisi C ini menyatakan hal tersebut belum ditentukan. “Belum tentu condong ke kandidat incumbent,” tutup pria empat puluhan tahun ini.HLD-28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...