Rabu, 28 November 2012

PEMKAB SIAP LAUNCHING BUS SEKOLAH



Kotabumi (SL) – Setelah lama tidak jelas juntrungannya, akhirnya program bus sekolah gratis bagi para pelajar Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menemukan titik terang. Pasalnya, program tersebut akan segera diluncurkan (Launching) pada tanggal 5 atau 6 Desember mendatang.

“Rencananya, program Bus sekolah ini akan dilaunching langsung oleh bapak Bupati pada tanggal 5 atau 6 Desember ini di kompleks Islamic Center Kotabumi,” kata Kabid Lalu Lintas, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishukominfo) setempat, Susilo Dwiko, diruangannya, Rabu (28/11).

Dirinya menuturkan bahwa untuk menunjang program bus sekolah gratis ini, pihaknya menyediakan tiga buah armada bus. Dimana, dua diantara bus sekolah tersebut bersumber dari dana APBD tahun 2012. sedangkan sisanya berasal dari hibah dari Kementerian Perhubungan tahun 2011.

“Ketiga bus inilah yang akan kita gunakan untuk mengangkut para pelajar yang akan dan hendak pulang sekolah. Ketiga bus sekolah ini terbagi dalam tiga buah rute yakni rute Kota – Blambangan, Kota – Bukit Kemuning, dan Kota Negara Ratu,” terang dia seraya menjelaskan bahwa tidak akan ada biaya yang akan dikenakan bagi para pelajar yang menggunakan bus tersebut..

Sementara mengenai tujuan bus sekolah ini, dirinya mengatakan bahwa bus sekolah tersebut bertujuan untuk membantu menunjang pembangunan bidang pendidikan di Lampura dan merupakan bukti nyata keperdulian pemkab pada dunia pendidikan Lampura. “Dengan keberadaan Bus sekolah ini, kita ingin membantu dan mempermudah para pelajar yang notabene generasi penerus dalam menimba ilmu disekolah,” dia menyebutkan.

Lantas apakah jumlah armada bus tersebut sudah terbilang cukup untuk mengangkut para pelajar yang ada di Lampura? Kabid muda ini tak menampik bahwa jumlah armada tersebut masih kurang memadai. “Idealnya, jumlah setiap jurusan memiliki 4 armada bus. Tapi, semua itu tergantung dengan kemampuan keuangan daerah,” beber dia.

Meski jumlah armada bus tersebut terbilang kurang ideal, kata dia, tapi kita akan berusaha memaksimalkan armada bus yang ada. Ditanya dimana lokasi untuk mengangkut para pelajar yang hendak menaiki bus sekolah gratis ini, Susilo menjelaskan bahwa untuk sementara, pihaknya akan mengangkut para pelajar tersebut sejumlah tempat yang telah ditentukan sebelumnya. “Karena Halte bus belum ada, sementara ini, kita akan mengangkut para pelajar ditempat yang sudah kita tentukan. Mungkin, pada tahun 2013 nanti, kita akan membuat beberapa halte untuk mengangkut para pelajar itu,” ucapnya seraya menambahkan bahwa tidak akan mengangkut para pelajar yang berkumpul diluar tempat yang telah ditentukan.

Susilo juga memastikan bahwa armada bus sekolah gratis ini tidak akan berdampak buruk pada angkutan umum yang ada. Sebab, daya muat setiap armada bus itu tidak cukup untuk mengangkut semua pelajar yang ada. “Saya pastikan, bus sekolah ini tidak mematikan usaha angkutan umum,” pungkasnya.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...