Rabu, 21 November 2012

LAMPURA HANYA MILIKI 8 GURU BAHASA DAERAH

Kotabumi (SL) - Jumlah guru bahasa daerah di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) dirasai sangat kurang memadai. Pasalnya, Kabupaten tersebut hanya memiliki delapan orang guru PNS yang mengampu mata pelajaran tersebut.
 
Dengan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ahli dibidang bahasa daerah yakni bahasa Lampung, tentunya akan berimbas kepada perkembangan dan pelestarian bahasa kebanggaan masyarakat Lampung.
 
“Dari 412 guru bahasa daerah yang dibutuhkan, Lampung Utara hanya memiliki delapan orang guru bahasa daerah. Jadi, masih kurang 404 orang lagi,” terang Kasubbag Urusan Kepegawaian  Dinas Pendidikan setempat, Ferdiana Maya, Minggu (18/11). 
Wanita berjilbab ini mengemukakan, untuk mengatasi kekurangan guru bahasa daerah tersebut, pihaknya telah mengajukan kepada Pemkab Lampura agar dapat mengadakan formasi guru bahasa daerah dalam formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) mendatang.
 
“Kita telah ajukan kepada Pemkab agar dapat mengadakan formasi untuk guru bahasa daerah pada CPNSD yang akan datang,” jelasnya.
 
Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat, Ilham Alawi mengakui bahwa jumlah guru bahasa daerah di Lampura Utara masih kurang memadai jika dibandingkan dengan kebutuhan dilapangan. Meski demikian, dirinya menyatakan pengadaan formasi guru bahasa daerah di Kabupaten Lampura merupakan yang tertinggi diseluruh Lampung.
 
“Pada penerimaan CPNSD lalu, kita menerima 4 (guru bahasa daerah). Tapi, kita sadari masih banyak kekurangan dari guru bahasa daerah. Untuk itu, kita telah ajukan usulan kekurangan ini kepada pemerintah pusat pada CPNSD yang datang,” katanya seraya menerangkan pihaknya akan mengatasi kekurangan ini secara bertahap.
 
Kendati demikian, dirinya enggan memastikan bahwa pada tahun 2013 mendatang, Kabupaten Lampung Utara akan melakukan penerimaan CPNSD. “Semua masih menunggu instruksi dari pusat,” jelasnya singkat.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...