Rabu, 21 November 2012

BKD TARGETKAN PENATAAN GURU AKHIR DESEMBER


Kotabumi (SL) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Utara (Lampura) menargetkan proses pendataan guru PNS diwilayahnya akan selesai pada bulan Desember 2012.

"Kita telah bentuk Tim Penataan Guru dan saat ini sudah diajukan ke Bupati. Jika sudah ditandatangani pimpinan (Bupati), tim ini akan segera menjalankan tugasnya," terang Kabid Mutasi dan Pengadaan Pegawai BKD setempat, Tambunan, Rabu  (21/11).

Nantinya, terus dia, tim yang terdiri dari BKD dan Dinas Pendidikan ini akan bertugas untuk mengevaluasi dan memvalidasi semua data yang diterima dari Dinas Pendidikan dan data yang diperoleh BKD dari hasil pendataannya sendiri.

"Setelah proses evaluasi dan validasi itu selesai, baru kita akan terbitkan Surat Keputusan tentang penempatan guru. Dan, jika sudah dapat Surat Penempatan yang baru tapi gurunya gak mau mengajar, maka kita akan berikan sanksi sesuai PP 53 tahun 2010 tentang dispilin PNS," katanya.

Lantas apakah pihaknya telah memiliki data wilayah mana saja yang dinilai kelebihan guru, Tambunan mengakui bahwa sementara ini pihaknya baru memiliki data guru SMA. Sedangkan untuk tingkat lainnya seperti SMP dan SMK, pihaknya belum menerimanya. Sementara untuk tingkat SD, pendataannya merupakan tanggung jawab Diknas.

 "Sebenarnya, data tentang kelebihan guru ini sudah diberikan Diknas. Sayangnya, data yang diberikan itu bentuknya sejenis rekomendasi nama - nama guru yang harus dipindahkan. Untuk itulah kita lakukan pendataan lagi berdasarkan Daftar Urut Kepangkatan (DUK) agar datanya lebih valid," urainya seraya menambahkan bagi sekolah yang tidak menyerahkan data jumlah guru alias bandel akan diserahkan kepada
Sekretaris Daerah untuk diambil tindakan tegas.

Berdasarkan data yang diberikan Diknas, imbuhnya, ternyata wilayah perkotaan menempati urutan pertama yang mengalami kelebihan guru yakni Kecamayan Kotabumi dan Kotabumi Selatan.

Ditempat berbeda, Dinas pendidikan setempat melalui Kasubbag Urusan Kepegawaian, Ferdiana Maya, membenarkan bahwa kelebihan guru tersebut banyak terjadi diwilayah perkotaan. Sedangkan tentang data jumlah kelebihan guru, pihaknya mengaku telah
menyerahkannya kepada BKD Lampura.

"Kecamatan Kotabumi mengalami kelebihan 79 guru, dan Kecamatan Kotabumi Selatan ada kelebihan 121 guru. Sedangkan untuk Jumlah guru PNS kita semuanya berjumlah 5122. Rinciannya 26 guru TK, 3385 guru SD, 983 guru SMP, 491 guru SMA, 239 guru SMK. Dan ini telah kita serahkan kepada BKD," pungkasnya.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...