Sabtu, 23 Maret 2013

BPS LAMPURA GELAR SENSUS PERTANIAN


Kotabumi (SL) - Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Utara (Lampura) akan menggelar sensus pertanian pada bulan Mei mendatang. Sensus ini bertujuan mengetahui secara detil potensi pertanian di masing-masing kecamatan yang ada di Lampura.

“Sensus pertanian ini merupakan salah satu program nasional dalam memetakan secara aktual mengenai kondisi pertanian di Lampura yang kedepan akan disusun program guna pengembangan sektor pertanian dengan cermat dan akurat,” kata Kepala BPS Lampura, Mimik Surjani usai sosialisasi sensus pertanian, diaula Pemkab, Kamis (21/3).

Kegiatan ini, kata dia, akan mengumpulkan data pertanian dalam arti luas dengan mendatangi langsung rumah tangga perusahaan maupun lembaga nirlaba agar data yang akan peroleh nantinya menjadi dasar pemerintah untuk pertumbuhan kedepan bisa betul-betul pas sehingga pertumbuhan disektor pertanian ini sesuai dengan yang diharapkan.

“Karena peranan sektor pertanian sangat strategis dan tak tergantikan dalam penyediaan bahan baku produksi, pangan, dan kelangsungan ekologis lingkungan. Pada tahun 2008 pertanian merupakan penyelamat ekonomi karena industri yang di PHK masuk ke sektor pertanian,” terangnya.

Lebih jauh dikatakannya bahwa sensus pertanian ini dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali pada tahun berakhiran 3, sehingga pada 2013 ini merupakan keenam kali dilaksanakan sensus yang mulai digelar pada tahun 1963. “Jadi nanti dilakukan bertahap Mei tahun 2012 pemutakhiran direktori perusahaan pertanian, Mei tahun 2013 pencacahan lengkap rumah tangga pertanian, dan tahun 2014 pencacahan lanjutan ST 2013 menurut sub sektor,” kata dia.

Asisten II Pemkab Lampura, Azwar Yazid, mengatakan dengan adanya rencana sensus pertanian 2013 tersebut, kepala daerah akan menginstruksikan seluruh jajarannya yang memiliki hubungan langsung dengan pertanian untuk mendukung sepenuhnya program tersebut. Data dari sensus itu, terang dia, akan mengggambarkan struktur dan postur Kabupaten Lampura kini dan sepuluh tahun kedepan.

“Karena itu, diharapkan seluruh jajaran aparatur pemerintahan di Lampura untuk melakukan koordinasi dengan tenaga sensus yang ada di lapangan nantinya. hasil dari sensus yang dilakukan akan menjadi referensi untuk merumuskan program pertanian yang berdasarkan dengan komoditas unggulan di Lampura,” pungkas dia.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...