Sabtu, 15 Desember 2012

ZAINAL : MASYARKAT HARUS SADAR PENTINGNYA KEGUNAAN POHON


Kotabumi (SL) – Bupati Lampung Utara, Zainal Abidin menilai bahwa kesadaran tentang pelestarian lingkungan dikalangan masyarakat adalah kunci utama dalam melestarikan alam yang merupakan sumber kehidupan manusia. Demikian diutarakannya Puncak Penanaman Satu Milyar Pohon dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon Tingkat Kabupaten Lampung Utara, didesa Sindang Agung, Kecamatan Tanjung Raja, Rabu (12/12).

Dimana dalam pelestarian lingkungan tersebut, menurut dia, partisipasi seluruh komponen masyarakat dalam menjaga dan memelihara lingkungan sangat diperlukan agar tingkat keberhasilan yang optimal dapat dicapai.

“Seperti yang kita ketahui, kerusakan hutan yang terjadi belakangan ini, merupakan akibat dampak multidimensi yang tidak dapat dihindarkan dan harus kita sikapi secara arif melalui perbaikan melalui berbagai program rehabilitasi hutan dan perlindungan hutan. Saya minta kegiatan ini bukan sekedar seremonial belaka,  namun  diharapkan dapat menjadi bagian dari  sikap dan budaya bangsa,” ujar dia.

Gerakan penanaman satu milyar pohon indonesia (one billion indonesian trees) ini, ia melanjutkan, bertujuan untuk meningkatkan kepedulian seluruh komponen bangsa akan pentingnya fungsi pohon, dan menurunkan emisi gas rumah kaca dalam mengurangi pemanasan global. “Penanaman pohon ini sangatr bermanfaat sebagai upaya pencegahan banjir dan juga menciptakan daerah resapan air di Lampung Utara,” terang dia.

Untuk itu, Zainal meminta warganya terus perduli terhadap daerah sekitarnya, sehingga diharapkan dengan menanam pohon, udara di sekitarnya akan lebih segar. “Saya berharap, semua pihak dapat menjaga dan memelihara pohon yang telah kita tanam, sehingga kelak akan memberikan hasil yang baik bagi lingkungan kita,” paparnya.

Sementara ketua Panitia, Rifki Wirawan menjelaskan, gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon tahun 2012 ini selain untuk merehabilitasi hutan dan lahan kritis tapi juga sebagai langkah antisipasi dampak perubahan iklim global,” pungkasnya.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...