Sabtu, 15 Desember 2012

PEMKAB OPTIMIS PENGESAHAN RAPBD 2013 SESUAI TARGET


Kotabumi (SL) - Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) optimis Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2013 dapat disahkan bulan Desember 2012. "Kita optimis RAPBD kita selesai dalam bulan ini (Desember)," kata Sekretaris Kabupaten setempat, Rifki Wirawan, disela kegiatan gerakan Lampung Menanam di Desa Sindang Agung, Rabu (12/12).

Optimisme akan tercapainya pengesahan RAPBD dibulan Desember ini, menurut dia, bukanlah tidak berdasar. Sebab, kini pembahasan RAPBD Lampura tahun 2013 mendatang ditingkat panitia anggaran yang terdiri dari pihak Eksekutif dan Legislatif telah selesai dilakukan.

Mantan Inspektur Kabupaten Tanggamus ini mengemukakan bahwa 60 persen APBD Lampura tahun 2013 tetap akan dikonsentrasikan pada wilayah pedesaan. Sedangkan 40 persen sisanya akan diperuntukan kepada wilayag perkotaan.

"Pemkab tetap konsisten pada wilayah pedesaan. Perbandingannya, 60 persen dana APBD itu untuk wilayah pedesaan dan 40 persennya untuk wilayah perkotaan," tuturnya tegas.

Mengenai sektor mana saja yang akan menjadi prioritas utama Pemkab pada tahun 2013 mendatang, Sekkab Lampura ini menyebutkan bahwa pihaknya masih akan memprioritaskan pada tiga sektor yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yakni sektor kesehatan, pendidikan, serta pembangunan infrastruktur. "Tiga sektor inilah yang selalu jadi prioritas utama kita karena ini menyangkut kepentingan masyarakat luas," ujarnya.

Ditanya mengenai berapa persen sumber dana dari pusat dalam APBD Lampura, putra kelahiran Kecamatan Blambangan Pagar ini menjelaskan jika hampir 60 persen dana APBD Lampura bersumber dari dana pusat seperti  Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK). "Selama ini memang sumber dana terbesar pada APBD kita berasal dari pusat," ucapnya lagi.

Lantas apakah akan kembali terjadi defisit dalam APBD mendatang, Rifki tak menampik kemungkinan adanya defisit tersebut. "Sepertinya akan defisit dan diperkirakan jumlah defisitnya Rp.  15 hingga 20 miliar," papar dia.

Disinggung mengenai besaran dana pengamanan pada Pemilihan umum Kepala Daerah (Pemilukada) Lampura pada bulan September 2013 mendatang, Rifki menjelaskan bahwa pihaknya telah menganggarkan dana untuk pengamanan Pemilukada Lampura mendatang sebesar Rp. 1 – 1,5 Miliar.

“Diperkirakan dana pengamanan Pilkada mendatang berkisar antara Rp. 1 - 1,5 M lah,” tuntas pria berkacamata ini.(Feaby)

1 komentar:

  1. Rekap APBD nya minta dong buat tugas sekolah. RAPBD Tanggamus dan Pringsewu Tahun 213

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...