Kamis, 06 Desember 2012

SMPN 1 KOTABUMI JUAL KOMPUTER SISWA


Kotabumi (SL) – Lantaran tak layak pakai, SMP N 1 Kotabumi menjual 20 unit komputer yang bersumber dari iuran murid melalui komite sekolah. Parahnya lagi, proses penjualan tersebut tanpa adanya persetujuan ataupun koordinasi dengan pihak komite.

Ketua komite SMP N1 Kotabumi, Saukani Hasan ketika diwawancarai sangat menyayangkan tindakan sekolah yang menjual komputer tersebut tanpa adanya koordinasi dengan pihak komite.

Dijelaskannya, jumlah komputer hasil iuran siswa melalui komite sejak tahun 2004 silam sebanyak 40 unit. “Memang komputer itu tidak bias terpakai lagi, tapi sepengetahuan saya disimpan digudang,” terangnya. 

Jika memang sekolah berniat menjual komputer tersebut, terus dia, karena dinilai sudah tidak layak pakai lagi, maka semestinya harus ada koordinasi dengan komite, itu dikarenakan dana pembelian computer tersebut dari siswa melalui komite. “Mestinya sekolah menggelar rapat dengan komite sebelum menjual barang tersebut. Jangan asal jual saja, karena itu aset sekolah” kata dia.

Oleh karena itu, tambah Saukani, pihak komite akan memnita pertanggungjawaban sekolah mengenai permaslahan tersebut. “Jika memang itu sudah terjual dan dinilai ada pelanggaran, maka kami akan minta pertanggungjawaban sekolah dan kami akan melakukan tindakan sesuai dengan prosedur yang berlaku,” bebernya.

Ditempat berbeda, Kepala SMP N1 Kotabumi, Nizar mengakui jika pihaknya telah menjual 20 dari 40 unit komputer yang ada di sekolah tersebut. Dimana proses penjualan dilakukan pada tahun 2010 lalu. “Sebagian komputer itu telah kami jual ke salah satu toko dengan jumlah total Rp 400 ribu, karena sudah jadi rongsokan. Hasil penjualan tersebut digunakan untuk membeli printer,” terangnya, Kamis (6/12).
.
Diriny tak menampik bahwa proses penjualan komputer – komputer bekas itu tanpa melibatkan komite sekolah. “Tidak ada pemberitahuan ke komite, dan komite tahunya barang tersebut ada di gudang karena telah jadi rongsokan,” pungkasnya.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...