Kamis, 20 Desember 2012

2013, MOBIL PERPUSTAKAAN KELILING SIAP BEROPERASI


Kotabumi (SL) - Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumen (KPAD) Kabupaten Lampung Utara berencana akan mengoperasionalkan mobil perpustakaan keliling, yang diterima dari kantor Perpustakaan Nasional RI. Dimana, bantuan ini sendiri merupakan usulan dari KPAD Lampura pada tahun 2011 lalu.

"Kami menerima bantuan pada Kamis (14/12) lalu," ujar Diah Novilia, Kasubbag TU, KPAD Lampura saat ditemui dikantornya, Selasa (14/12).

Tetapi, sebelumnya, pihaknya melaporkan dahulu kepada Bupati Lampura, Zainal Abidin mengenai operasional mobil tersebut. Hal ini dikarenakan, bantuan diterima setelah penyusunan rencana kerja anggaran telah dibuat, sehingga KPAD belum bisa memastikan kapan pastinya operasional kendaraan tersebut. "Mudah-mudahan bisa diaplikasikan pada tahun 2013," terang dia.

Untuk tempat yang dituju, terus dia, lokasinya berada di kantor pemerintah dan disekolah, yang tersebar di 23 kecamatan. Sehingga apa yang menjadi tujuan diadakannya mobil perpustakaan keliling ini dapat terwujud. "Tujuannya dengan adanya mobil perpustakaan keliling untuk menambah pengetahuan warga di pelosok. Hal ini dapat terwujud dengan cara membaca. Selain itu dapat membantu warga yang buta huruf," ujarnya.

Sedangkan, untuk teknis pengelolaan buku bacaannya, Ia menerangkan, buku tersebut hanya boleh dibaca ditempat. "Apabila warga ingin meminjam dapat mendatangi Perpustakaan daerah, yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, bersebelahan dengan kantor Komisi Penanggulangan Aids Lampura," bebernya.

Kendaraan tersebut, lanjutnya, juga dilengkapi beberapa fasilitas seperti rak buku, serta buku bacaan. Untuk jumlah buku, sebanyak 1.512 buku yang diberikan dengan beragam jenis, seperti pengetahuan umum, buku pelajaran.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...