Selasa, 18 Desember 2012

BANJIR RENDAM BELASAN RUMAH WARGA DESA TANJUNG AMAN

Kotabumi (SL) - Hujan deras yang melanda Lampung Utara (Lampura) sepanjang malam, Selasa (18/12) membuat air sungai Way Umban meluap. Akibatnya, belasan rumah warga RT 1, RT 2/RW 2 Desa Tanjung Aman, Kecamatan Tanjung Aman yang berada sepanjang bantaran sungai tersebut terendam banjir.

Pantauan dilapangan, ketinggian air sungai yang merendam rumah warga tersebut mencapai 30 cm. Menurut Caca (23), warga RT 1/RW 2 yang rumahnya ikut terendam air sungai Way Umban, meluapnya air sungai itu terjadi sekitar pukul 05:00 WIB. "Airnya naik sekitar subuh tadi mas. Mungkin ini akibat hujan deras tadi malam," katanya singkat.

Ibu muda ini juga mengungkapkan, wilayah tempat tinggalnya termasuk daerah langganan banjir bila musim penghujan tiba. "Hampir tiap tahun mas, wilayah ini terendam banjir," ujarnya.

Sejatinya, kata dia, dirinya beserta warga lainnya telah bosan dengan ini. Namun dikarenakan tidak memiliki tempat tinggal yang lain, dirinya tidak mempunyai pilihan selain menempati rumahnya meski ancaman banjir selalu mengancam. "Sebenarnya, kami udah bosen mas dengan banjir seperti ini. Tapi, ya, mau gimana lagi," ucapnya.

Dirinya meminta Pemkab Lampura segera memberikan bantuan terutama dalam hal kesehatan. Sebab, dirinya khawatir banjir tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan keluarganya.

"Jika banjir ini terjadi dalam waktu yang lama, Kami khawatir dengan kesehatan keluarga kami. Kami minta Pemkab membantu kami;" sebut dia.

Ditempat berbeda, Pelaksana Harian (PLH) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) setempat ketika dikonfirmasi via ponselnya menuturkan bahwa pihaknya telah menurunkan tim ke lapangan guna mengecek lokasi tersebut. “Tadi pagi, kita telah turunkan tim ke lapangan. Hasilnya, hanya tiga rumah warga saja yang terendam banjir dengan ketinggian 30 cm dan tidak ada korban jiwa,” terangnya.

Dirinya menjelaskan bahwa pihaknya akan kembali melakukan pengecekan ke lokasi banjir tersebut pada sore hari guna mengetahui apakah banjir tersebut mengalami penurunan atau kenaikan ketinggiannya. “Kita akan cek lagi sore ini ketinggiannya. Jika cenderung naik, kita akan lakukan langkah cepat dan memberikan bantuan kepada warga yang tertimpa musibah itu,” tuntas dia.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...