Rabu, 08 Januari 2014

SATU BULAN GAJI PANWASCAM RAIB



Kotabumi (SL) - Hingga awal Januari 2014, gaji Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pemilihan Lapangan (PPL) bulan September 2013 yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) belum dibayar. Anehnya, gaji bulanan selain bulan itu dibayarkan seperti biasanya.

Salah seorang anggota Panwascam yang mewanti - wanti namanya disembunyikan membenarkan ihwal macetnya gaji bulan September mereka. Dimana setiap bulannya mereka menerima gaji berkisar antara Rp. 750.000 - 1 juta. "Untuk anggota Panwascam Rp. 750 ribu tapi kalau Ketuanya Rp. 1 juta," ungkapnya, Rabu (8/12).

Raibnya gaji bulan September 2013 itu juga terjadi pada PPL dan pegawai sekretariat Panwascam. "Panwascam, PPL dan sekretariat Panwascam itu (juga) belum dibayar," bebernya lagi seraya menjelaskan Panwascam disetiap Kecamatan terdiri dari 3 orang.

Keluhan serupa diungkapkan oleh GN, salah seorang PPL di Lampura. Menurut dia, satu bulan gaji itu hingga kini tidak jelas kapan akan dibayarkan. "Betul satu bulan gaji kami belum dibayar," terangnya.

Untuk setiap PPL, katanya, menerima gaji sebesar Rp. 350 ribu. Namun menurutnya, gaji bulan September itu merupakan gaji dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) beberapa waktu lalu. "Itu gaji untuk Pemilukada. Kalau untuk Pemilihan Legislatif semuanya sudah dibayar," ucap dia.

Sementara, Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Lampura, Said Al-Chudri ketika dikonfirmasi diruangannya menyatakan bahwa dana Panwaslu telah ditarik seluruhnya melalui tiga tahapan. Sedangkan besaran seluruh dana yang dianggarakn untuk Panwaslu tahun 2013 mencapai nilai Rp. 1,5 miliar. Pria yang akrab dengan panggilan Odi ini juga menerangkan bila dana Panwaslu itu termasuk dana hibah. "Semua dana Panwaslu sudah dicairkan seluruhnya pada tahun 2013 lalu. Pencairannya melalui tiga tahap," jelasnya.

Bahkan menurut sumber terpercaya di BPKA, anggaran Panwaslu itu telah dicairkan seluruhnya pada bulan September tahun 2013 silam. "Pokoknya, bulan September itu, seluruh dana Panwaslu sebesar Rp. 1,5 Miliar sudah diambil mereka (Panwaslu)," papar dia.

Sayangnya hingga berita ini dibuat, Sekretaris Panwaslu Kabupaten Lampura, Hairil Anwar tidak berhasil dikonfirmasi. Ketiga nomor ponselnya yakni 0823792337xx, 0852690403xx,0853694948xx juga dalam keadaan tidak aktif.

Untuk diketahui jumlah Panwascam Lampura berjumlah 69 orang yang tersebar di 23 Kecamatan. Sementara PPL Lampura berjumlah 247 yang tersebar di 247 Desa di Lampura. Sedangkan pegawai Sekretariat berjumlah 3 orang untuk tiap Kecamatan.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...