Minggu, 01 Desember 2013

PEMKAB LAMPURA OPTIMIS RAPBD DISAHKAN AKHIR TAHUN


Kotabumi (SL) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) optimis Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2014 dapat disahkan dipenghujung tahun ini.
"Kita optimis pada pertengahan bulan depan ini, RAPBD kita sudah disahkan," ujar Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, Budi T. Tamin, Rabu (28/11).Sebab, menurut Budi,  RAPBD Lampura tahun 2014 tersebut tengah dibahas oleh DPRD setempat melalui Panitia Kerja (Panja) Badan Anggaran (Banang). "Saat ini, RAPBD sedang dibahas ditingkat Panja Banang," kata dia.
Namun demikian, RAPBD itu masih harus disampaikan ke Pemerintah Provinsi Lampung (Pemprov) melalui Tim Anggaran Pemprov terlebih dahulu guna dilakukan evaluasi. "Setelah dievaluasi, maka APBD tersebut akan kembali ditata bilamana Tim Anggaran meminta kita kembali menata sejumlah program dalam RAPBD itu," ucap dia.
Ditanya adakah kemungkinan nilai RAPBD Lampura tahun 2014 mendatang akan mengalami pemangkasan setelah Tim Anggaran Pemprov melakukan evaluasi, Budi menjelaskan kecil kemungkinan hal tersebut terjadi. "Jika Tim Anggaran menilai sejumlah program dalam RAPBD itu kurang tepat dan perlu ditata ulang, maka akan kita tata ulang. Jadi, sifatnya hanya penataan, bukan pemangkasan nilai," terang dia.
Setelah seluruh rekomendasi hasil evaluasi itu dijalankan, kata Budi lagi, maka RAPBD tersebut akan segera disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). "Setelah semua rekomendasi selesai dilakukan, maka RAPBD itu akan disahkan," ucap dia.
Budi juga menyebutkan, nilai RAPBD Lampura tahun 2014 mendatang mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan nilai APBD tahun 2013. Dimana pada tahun 2013, APBD Lampura hanya senilai Rp. 975.893.038.857. Sementara pada tahun 2014 mendatang, nilai RAPBD Lampura mencapai Rp. 1.036.390.862.617,13. "Tapi jika standarnya yang digunakan dalam penyusunan RAPBD itu menggunakan nilai APBD Perubahan, maka nilainya jelas menurun. Karena nilai APBD Perubahan kita tahun 2013 mencapai Rp. 1.138.636.344.918,92," urainya.
Disinggung mengenai Satuan Kerja mana saja yang menyedot anggaran terbesar dalam RAPBD mendatang, ia menuturkan bahwa Dinas Pekerjaan Umum menempati urutan pertama. Dimana, untuk seluruh kegiatan di Dinas PU, nilainya mencapai Rp. 179 Miliar. Sementara urutan kedua dan ketiga ditempati oleh Dinas Pendidikan (Diknas) dan Sekretariat Daerah Pemkab Lampura. "Diknas dan Sekretariat Daerah masing - masing memperoleh dana sebesar 38 Miliar dan 24 Miliar," tutup dia.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...