Minggu, 01 Desember 2013

LAMPURA HIJAUKAN RIBUAN LAHAN KRITIS


Kotabumi (SL) - Lahan kritis di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) hingga tahun 2013 mencapai 61.699,27 hektar (Ha). Oleh sebab itu, Pemkab setempat berambisi untuk melakukan penghijauan dengan menanam sekitar 1,421 juta batang pohon, dengan harapan memberikan hasil penghijauan di 2.760 lahan kritis.Penanaman pohon tersebut, bertepatan dengan kegiatan Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon, yang dipusatkan di Desa Subik Kecamatan Abung Tengah, Lampura, Kamis (28/11).
Acara tersebut dibuka langsung Wakil Bupati, Rohimat Aslan. Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan Program ini dimaksudkan, untuk meningkatkan kepedulian seluruh komponen bangsa akan pentingnya fungsi pohon, untuk penurunan emisi gas rumah kaca dalam mengurangi pemanasan global dan untuk mencapai pembangunan indonesia yang bersih (clean development mechanism). Selain itu, mengajak seluruh komponen bangsa, untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan untuk merehabilitasi hutan dan lahan.

Semua pihak, terus Wabup lagi, dapat menjaga dan memelihara pohon yang telah ditanam sehingga kelak akan bermanfaat bagi kita semua. "Oleh karena itu, dengan menggerakkan segenap sumber daya dengan melibatkan semua unsur Pemerintah, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMS/BUMD, TNI, POLRI, LSM, serta peran aktif masyarakat Kabupaten Lampung Utara untuk senantiasa melaksanakan penanaman pohon dan merawatnya untuk kepentingan generasi penerus kita pada masa yang akan datang," kata dia.
Sekretaris Kabupaten Lampura, Rifki Wirawan, yang juga selaku ketua umum panitia pelaksanaan mengatakan, penanaman satu miliar pohon ini sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian, akan pentingnya menanam dan memelihara pohon. Serta, mengurangi dampak pemanasan global, mencegah banjir, kekeringan dan tanah longsor.
Dijelaskannya, kegiatan menanam pohon yang telah dilaksanakan pada tahun 2013, yakni penenaman bibit phon hasil persemaian kebun rakyat sebanyak 1.125.000 batang di 19 kecamatan dan 45 desa. Selanjutnya, pemberian bantuan bibit untuk penghijauan lingkungan masyarakat sebanyak 11 ribu pohon, serta penanaman bibit pohon dalam rangka kegiatan rehabilitasi hutan di kawasan hutan lindung di register 45 sebanyak 177.500 bibit pohon. "Lalu, penanaman bibit pohon dalam rangka kegiatan perluasan areal kebun sebanyak 30.500 bibit pohon," pungkas mantan Kepala Inspektora Tanggamus ini.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...