Selasa, 05 Februari 2013

PENDERITA DBD LAMPURA CAPAI 142 ORANG

-->
Kotanbumi (SL) – Jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Lampung Utara hingga akhir Januari 2013 mencapai 142 orang. "Sudah ada 142 penderita DBD di Lampura, yang tercatat di Diskes," kata Plt, Kasie Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Lampung Utara, Ibnu Chattab, Selasa (5/2).

Para penderita DBD tersebut, jelasnya, berasal dari data dari Puskesmas di Lampung Utara. Dimana, penderita DBD terbanyak terjadi didaerah puskesmas Kotabumi 2, dengan 26 penderita. Selanjutnya, di Puskesmas Kalibalangan, sebanyak 23 penderita.


Meski telah mencapai ratusan penderita, Ibnu mengklaim bahwa jumlah tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan jumlah penderita pada bulan Januari 2012 lalu dengan 254 kasus. "Jumlahnya menurun dibandingkan dengan bulan Januari tahun kemarin," jelasnya saat ini belum ada korban jiwa akibat penyakit yang disebarkan oleh virus dengue, dan ditularkan verktor nyamuk Aedes aegypti.

Terkait gejala penyakit DBD, dirinya menyebutkan bahwa penderita DBD akan mengalami demam tinggi selama 2 -7 hari disertai kurangnya nafsu makan, nyeri pada persendian, serta sakit kepala. Selanjutnya, timbul bintik merah pada kulit, ataupun dapat terjadi mimisan, gusi berdarah, dan muntah serta buang air besar darah.

"Bahkan bisa terjadi jika kondisi fisik sedang lemah dapat pingsan bagi penderita, pada hari ke 3 - 7 secara berulang," ujarnya seraya menuturkan, jika seseorang terjadi gejala tersebut, hendaknya langsung berobat kedokter.

Plt. Kasi ini meminta masyarakat setempat untuk selalu melakukan upaya 3M Plus  guna mencegah peredaran penyakit yang belum ada obatnya hingga kini tersebut. 3M Plus tersebut yakni Menguras tempat penampungan air, Menutup semua wadah air agar nyamuk Aedes Agypti tidak dapat bertelur diair, dan Mengubur dan memusnahkan barang bekas yang dapat menampung air serta menggunakan obat nyamuk atau lotion anti nyamuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...