Kamis, 14 Februari 2013

KURMEN: SELESAIKAN PERSOALAN DENGAN BIJAK


Kotabumi (SL) – Polres Lampug Utara kembali menggelar rembuk pekon, Desa, dan Kelurahan, di Aula Polres Lampura, Kamis (14/2), pukul 09.00 WIB. Acara sosialisasi Rembuk Pekon yang dipimpin oleh Wadir Binmas Polda Lampung AKBP. Dwi Irianto juga dihadiri oleh tokoh agama, adat, masyarakat, pemuda, dan seluruh Babinkamtibmas, Babinsa setempat.

“Program Rembuk Pekon ini bertujuan untuk memprioritaskan penyelesaian konflik di tingkat bawah. Selain itu, acara ini juga sebagai langkah antisipasi dini atas maraknya konflik sosial yang terjadi di tingkat bawah seperti di pekon, Desa dan Kelurahan,” kata Iptu Kurmen Rubiyanto, diruang kerjanya, Kamis (14/2).

Pada umumnya, ia menjelaskan, konflik sosial yang sering terjadi di Lampung kerap dipicu oleh berbagai persoalan yang sepele terutama pada masyarakat Desa. “Kegiatan ini bukan Rembuk Kasus,” tegas dia seraya menerangkan pentingnya kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan tali silaturahmi antar umat beragama diantaranya kegiatan sosial, seperti gotong-royong, pengajian, siskamling, dan sebagainya..

Menurutnya, penyelesaian konflik dikalangan masyarakat harus melibatkan seluruh pihak yang terkait agar setiap permasalahan yang terjadi baik di Desa maupun daerah lainnya dapat segera terselesaikan dan tidak berlarut-larut. “Jika permasalahan yang diatasi ditingkat bawah itu tidak terselesaikan maka akan diserahkan ke Polsek dan Kecamatan, lalu Polres, selanjutnya Polda,” urainya.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin serta dapat memotivasi peran aktif masyarakat baik melalui penyampaian opini, kritik, atau pendapat kepada Polres Lampura dalam menyelesaikan setiap persoalan.

“Jangan main hakim sendiri bila mendapati persoalan yang mengarah ke tindak pidana. Silahkan selesaikan melalui jalur hukum,” himbau dia.(Feaby).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...