Selasa, 26 Februari 2013

LAMPURA KEMBALI DIGOYANG DEMO


Kotabumi (SL) - Puluhan supir angkutan umum jurusan Kotabumi-Simpang Propau kembali menggelar aksi demo di sekitar tugu Alamsyah Ratu Perwira Negara (ARPN), Senin (25/2). Demo ini sendiri merupakan buntut dari kekesalan para supir angkutan akibat masih dibiarkannya bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) melintas melalui jalur mereka.

Aksi demo yang dimulai sejak pukul 09:00 WIB tersebut diwarnai dengan aksi sweeping pada angkutan umum jurusan tersebut yang tetap membandel untuk mengangkut penumpang pada saat demo berlangsung. Akibatnya, banyak penumpang angkutan umum jurusan tersebut yang terpaksa diturunkan ditengah jalan. Disamping itu, demo ini juga menyebabkan sejumlah penumpang jalur tersebut yang terlantar ditengah jalan alias tidak terangkut.

Selain men-sweeping angkutan umum jurusan Kotabumi - Simpang Propau, para supir itu juga merusak rambu jalan disekitar lokasi dan men-stop setiap bus AKDP yang melintas dilokasi demo sehingga menyebabkan kemacetan yang cukup panjang.

“Bus AKDP itu kan jelas dilarang melintas dijalan ARPN tapi kenapa sampai sekarang masih saja dibiarkan. Kami ingin pihak berwenang seperti Dinas Perhubungan dan Kepolisian Lampura untuk menertibkan itu,” tegas Koordinator Lapangan aksi demo itu, Mursyid, Senin (25/2).

Dirinya menyatakan bahwa baik Dinas Perhubungan dan Kepolisian sempat menjanjikan kepada pihaknya akan menertibkan Bus AKDP yang masih melintas dijalan ARPN pasca kesepakatan yang sempat dibuat sebelumnya antara Dinas Perhubungan, Kepolisian dan para supir angkutan jurusan Kotabumi-Simpang Propau.

Terkait tuntutan para supir tersebut, Kanit Turjawali Polres Lampura, Iptu. Elvis menegaskan bahwa pihaknya siap menertibkan setiap Bus AKDP ‘bandel’ yang masih melintas dijalan ARPN diluar pukul 06:00 – 18:00 WIB. “Hari ini juga kita siap tertibkan Bus – bus itu,” tandas.

Elvis beralasan tidak ditertibkannya Bus AKDP yang melintas dijalan ARPN semata-mata didasari oleh pertimbangan rusaknya jalan Tjokoel Subroto. “Selama ini kita masih berikan toleransi kepada Bus AKDP karena melihat kondisi jalan yang harus mereka lalui yakni jalan Tjokoel Subroto yang rusak. Hanya itu alasannya,” beber dia.

Sebelumnya, Senin (7/1), ratusan supir angkutan kota (angkot) jurusan Kotabumi-Simpang Propau, Lampura, melakukan aksi demo yang dilanjutkan dengan aksi sweeping (pembersihan) terhadap bus Angkutan Kota Dalam Provinsi yang melintas dijalan Alamsyah Ratu Perwira Negara (ARPN), tepatnya disekitar bundaran Tugu Payan Mas, Kotabumi, Lampura.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...