Selasa, 19 Februari 2013

BAWANG PUTIH TEMBUS RP. 32 RIBU


Kotabumi (SL) - Harga bawang putih di Lampung Utara (Lampura) menembus harga Rp. 32 ribu/kilo. Sebelumnya, harga bawang putih di Kabupaten itu hanya Rp. 8 ribu/kilo. Kenaikan yang mencapai 300 persen ini sendiri terjadi sejak dua bulan terakhir.

Sumarni (50), salah satu pedagang sayuran di Pasar Pagi Kotabumi mengatakan kenaikan harga bawang putih itu terjadi pasca lebaran Idul Fitri tahun lalu.

“Kalau harga bawang putih memang sudah naik dari setelah lebaran Idul Fitri tahun lalu. Dari Rp 8 ribu hingga sekarang mencapai Rp 32 ribu,” ujarnya, Senin (18/2).

Ibu dua anak ini menjelaskan, kenaikan itu disebabkan karena curah hujan tinggi, sehingga banyak bawang mengalami busuk, dan akibatnya petani gagal panen. "Dengan kenaika harga bawang yang cukup tinggi, mengakibatkan sejumlah pedagang resah,” ujarnya.

Dikatakannya, kenaikan harga bawang putih ini menyebabkan omzet penjualanya menurun. Dimana, kata dia, sebelum harga bawang mengalami kenaikan, dirinya mampu menjual hingga 50 kg per hari, namun saat ini dirinya hanya mampu menjual 25-30 kg per hari. "Sekarang ini yang membeli bawang putih sedikit, mas,” keluhnya.

Pedagang yang sudah 35 tahun berjualan di pasar Pagi Kotabumi ini berharap, agar harga bawang putih dapat kembali normal. "Mudah-mudahan saja harganya bias kembali normal,” jelas Sumarni seraya menambahkan dirinya memperoleh stok bawang putih dari Bandar Jaya Lampung Tengah.

Dian (24) salah satu konsumen mengaku jika kenaikan harga bawang putih yang cukup tinggi itu sangat berpengaruh bagi masyarakat. "Saya sebagai konsumen maunya beli dalam jumlah banyak, tetapi terpaksa dikurangi karena harganya cukup drastis" katanya.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...