Senin, 09 April 2012

PKB: PENDIDIKAN POLITIK ITU PERLU


Kotabumi, HL  – Dewan Pimpinan Cabang Partai Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Lampung Utara (Lampura) menilai bahwa pendidikan politik terhadap generasi muda, khususnya pemilih pemula sangatlah perlu ditingkatkan. Sebab, pendidikan politij itu sangat berguna untuk memahami demokrasi di Lampura sehingga hasilnya akan mendukung budaya politik yang santun dan beretika. Demikian disampaikan Ketua DPC PKB setempat, Tabrani Rajab, Minggu (8/4). 

Menurut dia, pendidikan politik pada para generasi muda yakni pemilih pemula akan dapat menciptakan sikap mental dan perilaku yang terpola dan sistemik, sehingga hasilnya akan mendukung budaya politik yang santun dan beretika untuk dijadikan landasan demokrasi tersebut.

“Dengan pendidikan politik kepada para generasi muda, budaya politik yang santun dan beretika akan dapat menjadi landasan mereka dalam berdemokrasi di Kabupaten kita ini pada masa mendatang,” tandas dia,

Pendidikan politik pada generasi muda itu, sambung dia, bukan hanya tugas dan tanggung jawab partai politik saja. Namun, pendidikan politik tersebut adalah tugas dan tanggung jawab bersama dari semua pihak mulai dari Pemerintah Daerah hingga ke Lembaga Swadaya Kemasyarakatan (LSM).

Ia menambahkan, pendidikan politik juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan para siswa, dengan harapan tercapainya pola tindak dan pola aturan yang berlaku sesuai dengan aturan atau norma dilingkungannya.

"Sasaran utama dari pendidikan politik ini adalah generasi muda yaitu pelajar, mahasiswa, atau remaja umumnya,” jelas dia seraya mengatakan bahwa pendidikan politik itu dapat dimulai dari diri sendiri, kemudian secara perlahan menularkan kepada lingkungan dimana mereka tinggal.

Lebih jauh ia mengatakan, para generasi muda adalah kader penerus bangsa dan calon pemimpin di masa depan. Dimana para generasi muda tersebut dituntut untuk memiliki wawasan dan pengetahuan dalam politik dan memiliki kepekaan serta tanggap berbagai ancaman dan gangguan pada wilayahnya.

"Sebagai generasi penerus harus mampu mendapatkan pemahaman politik yang santun, sehingga demokrasi yang dijalankan sesuai dengan harapan bangsa dan aturan," pungkas dia.HLD-28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...