Jumat, 20 April 2012

E-KTP LAMPURA MAKIN MAK JELAS


Kotabumi, HL – Nampaknya, pelaksanaan Program Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) Kabupaten Lampung Utara masih belum jelas juntrungannya. Padahal, sebelumnya, pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)setempat menjanjikan bahwa program E-KTP itu akan dapat berjalan efektif mulai tanggal 1 April 2012.

Sekretaris Disdukcapil Lampura, Darius Zulkarnain mengungkapkan, program E-KTP Lampura tidak dapat segera dilaksanakan lantaran berbagai peralatan dari pemerintah pusat belum tiba hingga kini.  “Peralatannya E-KTP dari pusat belum tiba. Jadi, kami tidak dapat laksanakan itu segera,” beber dia, Rabu (18/4).

Berbagai peralatan yang belum tiba itu, masih menurut dia, diantaranya, Komputer, sidik jari. Apabila semua peralatan tersebut telah ada, pihaknya dapat segera menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) bagi para operator pelaksana program E-KTP yang mencapai 92orang. Operator itu sendiri terdiri dari dua orang petugas Disdukcapil dan dua orang yang berasal dari pihakKecamatan.

Namun, dirinya tidak dapat memastikan pemicu keterlambatan pasokan peralatan dari pusat tersebut. Hanya saja,ia menyatakan bahwa kemungkinan keterlambatan itu disebabkan jumlah masyarakat wajib KTP Lampura lebih sedikit dari daerah lainnya.

“Kemungkinan terlambatnya peralatan itu dikarenakan jumlah masyarakat wajib KTP sehingga peralatan yang dibutuhkan lebih sedikit,” urai dia.

Lebih jauh dikatakannya, sebenarnya program ini sudah sempat ditawarkan Pemerintah Pusat sejak tahun 2010 lalu. Tapi, karena Pemerintah Kabupaten Lampura merasa belum siap maka program itu
diserahkan kepada Kabupaten lain.

“Karena kita tidak ingin melakukan kesalahan dalam program itu, makanya pada tahun 2010 lalu, program ini kita serahkan pada Kabupaten Way Kanan. Hal ini semata – mata agar kita dapat belajar dari kesalahan Kabupaten lain dalam pelaksanaannya,”pungkas dia.HLD-28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...