Kamis, 26 April 2012

BARU EMPAT SKPD LAKSANAKAN KPE


Kotabumi, HL - Program pembuatan Kartu Pegawai Elektronik(KPE) sudah berlangsung lama namun baru empat satker di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Pemkab Lampura) yang sudah menerapkan penggunaan kartu yang juga berfungsi sebagai Kartu Anjung Tunai
Mandiri(ATM) tersebut.

“Empat Satker yang sudah meng-online kan KPE di Lampung Utara yakni BKD (Badan Kepegawaian Daerah), BPKAD (Badan Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah), Sekretariat DPRD dan Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah),” ujar Kabid Administrasi dan Kesejahteraan Pegawai M. Erwinsyah, Kamis (26/4). 

Erwin menjelaskan jumlah seluruh PNS yang ada di Lampura sebanyak 10.304 orang dan yang KPE-nya sedang dalam dalam proses sebanyak 6800 orang. Kemudian dari jumlah tersebut yang sudah memiliki KPE sebanyak 50 persen atau 3400 orang. “Namun kebanyakan pegawai yang sudah memiliki KPE itu, belum meng-online kannya. Hanya empat Satker itu yang sudah mengonlinekannya,” lanjut Erwin.

Sedangkan untuk 3.400 KPE PNS sedang dalam proses di BKN dan hingga saat ini pihaknya sedang menunggu realisasinya dari pusat. “Karena sifatnya online, maka penerbitan KPE membutuhkan waktu yang lama, paling tidak kita mengajukan sekarang dan akan terbit tahun depan,” jelas Erwin.

Mantan Kasubag Pertanahan Bagian Tata Pemerintah (Tapem) Setkab  Lampura ini juga mengatakan, untuk PNS yang belum diproses KPE-Nya berjumlah sebanyak 3.504 orang dan akan dilakukan pemotretan tahun pada bulan Mei 2012. “Sisanya, akan diregistrasi pada bulan Mei mendatang,” lanjutnya.

Erwin juga menyarankan agar para pemilik KPE yang sudah diterbitkan dapat segera menghubungi pihak Bank terkait untuk meregistrasi dan mendapatkan Personal Identity Number (PIN). “Kalau sudah ada PIN nya maka kartu tersebut sudah bisa digunakan sebagai kartu ATM. Dan pembayaran gaji akan dibayarkan melalui Bank setiap awal bulan,” terangnya.

Dia juga mengatakan, dengan adanya KPE diharapkan akan terjadi kemudahan-kemudahan dalam pendistribusian gaji para PNS secara online akan ditransfer langsung ke rekening yang bersangkutan. “Jadi mereka tidak perlu lagi antri di bendahara saat pembayaran gaji. Karena sudah masuk (rekening, Red) setiap awal bulannya.”Jadi meskipun tanggal 1 itu tanggal merah (hari libur, Red) gaji akan tetap ditransferkan ke rekening masing-masing PNS,” jelasnya.HLD-28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...