Kamis, 26 April 2012

MANTAN PANGAB TNI : TINGKATKAN PENDIDIKAN MORAL


Kotabumi, HL – Mantan Panglima TNI dimasa pemerintahan Abdurachman Wahid dan Megawati, Jendral (Purn) Endriartono Sutarto menilai bahwa persoalan tindak kriminalitas yang marak terjadi diwilayah hokum Lampung Utara disebabkan oleh kurang maksimalnya pendidikan agama dan menurunnya moralitas generasi muda pada saat ini. 

“Saya juga sudah dengar tentang maraknya aksi kejahatan disini. Dimana para pelaku dengan mudahnya merampas motor, merampok hasil panen petani. Bahkan para pelaku tidak segan menghilangkan nyawa guna memuluskan aksi kejahatan mereka,” kata  purnawirawan bintang empat ini, di rumah dinas Ketua DPRD Lampura, Rabu (25/4). 

Untuk itulah, sambung dia, peranan pendidikan yang berbasis agama sangat penting dalam menunjang moralitas generasi muda kita yang mulai tergerus oleh kemajuan tekhnologi dan kebudayaan popular dari barat yang cenderung membawa efek negatif. 

“Dengan pendidikan agama yang berkualitas mulai dari tingkat bawah hingga ke tingkat tertinggi maka diyakini tindak kejahatan itu akan berkurang dengan sendirinya,” urai dia. 

Peran dunia pendidikan baik oleh Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama seyogyanya dapat lebih ditingkatkan agar moralitas generasi muda lebih baik dimasa mendatang.

Disinggung mengenai peran aktif TNI dalam membantu pihak Kepolisian Lampura untuk mengatasi persoalan tindak kriminal terutama begal, pria kelahiran Purworejo, Jawa Tengah, 65 tahun lalu ini menjelaskan seharusnya pihak TNI tidak dapat berperan serta dalam meminimalisir tindak kejahatan. “TNI itu dilatih untuk membunuh atau dibunuh. Nanti, apabila TNI ikut berperan serta dalam menangani begal, dikhawatirkan akan muncul persoalan baru seperti adanya Penembakan Misterius
(Petrus). Kan bisa heboh lagi,” jelasnya. 

Ketua DPRD Lampura, M. Yusrizal, S.T. mengatakan bahwa kedatangan mantan panglima TNI ini guna memenuhi undangan Yayasan Darul Huda, Dusun Talang Pangkul, Desa Mulang Maya, Kecamatan Kotabumi Selatan. Dimana, pensiunan Jendral ini diminta oleh Yayasan tersebut untuk menjadi Dewan Pembina. “Dengan kedatangan tokoh TNI ini, semoga dapat memberikan solusi terbaik bagi kemajuan Lampura,” singkatnya.HLD-28.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...