Jumat, 16 Mei 2014

DITANYA SEKOLAH GRATIS, AGUNG : MUNGKIN TAHUN 2015

Kotabumi (SL) - Bupati Agung Ilmu Mangkunegara memastikan program sekolah gratis yang termasuk salah satu janji politiknya dimasa kampanye tak akan dapat dilaksanakan tahun ini. Penyebabnya, ketersediaan anggaran tahun ini yang kurang memungkinkan.
Padahal, masyarakat Lampung Utara (Lampura) berharap banyak dengan program sekolah gratis yang kerap digaung - gaungkan oleh Bupati Agung saat masa kampanye. Dimana kala itu, Agung menjanjikan akan menggratiskan biaya sekolah disetiap tingkatan mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, atau SMK bila terpilih sebagai suksesor Bupat terdahulu.

Putra mantan Bupati Way Kanan ini menyatakan bahwa program sekolah gratis ini terkendala ketersediaan anggaran yang telah memiliki kegunaannya masing - masing. Dimana anggaran itu ditetapkan jauh sebelum dirinya dilantik sebaga Bupati pada 25 Maret lalu. "Sekarang kita belum berani ngomong apa - apa. Karena anggaran sudah berjalan. Kita mau lihat dulu anggarannya kalau memang bisa kita mulai, ya kita mulai," kelitnya, usai rapat Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi Partai Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Anggota Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lampung Utara Tahun 2014, di Aula Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Senin (12/5).

Kendati demikian, putra mantan Bupati Way Kanan ini mengaku masih terus mengkaji kemampuan anggaran pada setiap Satuan Kerja (Satker) dilingkungan Pemkab. Tujuannya, untuk mempelajari kemungkinan apakah program tersebut dapat diterapkan pada tahun 2014 ini atau tidak. "Makanya saya kemarin minta laporan penyerapan anggaran dari masing - masing Satker. Karena kita mau lihat mana yang kira - kira bisa kita kencangkan, (akan) kita kencangkan. (Tujuannya) untuk mengcover seluruh program prioritas seperti pendidkan, dan kesehatan," terang dia lagi.

Saat didesak kapan kiranya program sekolah gratis yang menjadi janji politiknya kepada rakyat Lampura, Agung menjanjikan program itu akan dilaksanakan pada tahun 2015 mendatang. Sementara mengenai tekhnis pelaksanaan program tersebut dilapangan, ia menyarankan awak media untuk menemui Kepala Dinas Pendidikan, Budi Utomo. "Nanti tekhnisnya dilapangan, pak Budi. (Program itu) Mulai tahun depan. Karena anggaran sudah berjalan. Rekan - rekan tahulah," tuturnya sembari berlalu meninggalkan kerumunan wartawan.

Dilain sisi, Kepala Dinas Pendidikan melalu Sekretarisnya, Salahuddin mengatakan bahwa seluruh konsep program sekolah gratis telah siap dan akan segera disampaikan ke Bupati Agung. Namun, terkait kapan waktu pelaksanaannya, ia mengaku semuanya tergantung kebijakan pimpinan. "Semuanya tergantung pak Bupati kapan akan dijalankan. Namun perkiraan dana sekolah gratis itu mencapai puluhan miliar Rupiah," jawabnya singkat.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...