Jumat, 09 Mei 2014

Belasan Peserta Ikuti LCT-TTG

Kotabumi (SL) - Sedikitnya 16 peserta dari kalangan pelajar SMP, SMA / aSMK dan industri rumah tangga mengikuti Lomba Cipta Inovasi Teknologi Tepat Guna (LCI-TTG) yang digelar di kantor Badan Pemberdaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lampung Utara, Selasa (6/5).

"LCT-TTG ini untuk meningkatkan daya kreativitas masyarakat terutama kalangan pelajar yang menjadi generasi penerus bangsa ini," terang kepala BPMPD Lampura Hasan Asnawi, Selasa (6/5).

Ia mengatakan, kegiatan LCI-TTG ini merupakan kegiatan yang diadakan setiap tahun. Dimana kegiatan ini telah dimulai sekitar tahun 2009 silam. Teknologi Tetap Guna, menurutnya, terbilang sangat bermanfaat bagi masyarakat karena memiliki berbagai keunggulan seperti ramah terhadap lingkungan, dapat dimanfaatkan dengan mudah. "Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari kegiatan ini bagi masyarakat," tuturnya. Lebih jauh ia menjelaskan bahwa pelaksanaan TTG ini selain untuk menghasilkan tekhnologi yang ramah lingkungan, tapi juga bertujuan untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat sebagaimana yang diamanatkan dalam Instruksi Presiden RI Nomor 3 tahun 2001, tentang penerapan dan pengembangan teknologi tetpat guna dan Permendagri Nomor 20 tahun 2010 tentang pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan teknologi tepat guna.

"Kita sangat berharap, kegiatan ini dapat mengurangi persoalan pengangguran dan menciptakan lapangan kerja baru," ucap dia. Ditambahkan, Kabid Teknologi Tepat Guna BPMPD Lampura, Rui Ehwan bahwa LCI TTG ini juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat dan sebagai upaya untuk menginventarisir berbagai jenis TTG yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. "Selain itu, kita harap masyarakat lainnya akan terlecut motivasinya melalui kegiatan ini sehingga akan tercipta berbagai inovasi baru,” tuntasnya.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...