Senin, 28 November 2011

Kwarcab Gelar Dianpimsat


Kotabumi, HL – Sebagai upaya untuk memberikan pendidikan karakter bangsa dan memberikan pengetahuan sistem administrasi satuan gerakan Pramuka khususnya bagi dewan ambalan, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Lampung Utara (Lampura) menggelar kegiatan Gladian Pimpinan Satuan (Dianpimsat) di Sekretariat Kwarcab Pramuka setempat. Kegiatan yang dimulai pada 24 hingga 27 November 2011 ini diikuti 54 peserta dari sejumlah Gugus Depan (Gudep) Pramuka Penegak di Lampura.

“Kegiatan pelatihan yang diperuntukan bagi para Pengurus (Dewan Ambalan) Pramuka penegak (tingkat SMA Sederajat, Red) ini bertujuan untuk mendidik memberikan pendidikan karakter bangsa. Kegiatan ini dihadiri oleh 54 peserta dari sejumlah gugus depan (Gudep) pramuka penegak di Lampung Utara,” ujar Sekretaris Kwarcab Pramuka Lampura, Sutri Wiyono, Jum’at (25/11).


Menurut Sutri, seharusnya kegiatan positif seperti ini dapat dilakukan secara continue atau berkesinambungan dalam setiap tahunnya. Sebab, dalam gladian itu setiap peserta akan mendapatkan materi tentang pengembangan kepemimpinan, pengelolaan satuan pramuka penegak yang akan sangat berguna bagi para segenap Dewan Ambalan dalam mengelola satuan pramuka di Gudep mereka masing-masing sebagaimana yang termaktub dalam undang-undang nomor 12 Tahun 2010 tentang gerakan pramuka.

Organisasi Pramuka, sambung dia,  adalah salah satu organisasi di Indonesia yang membina para pemuda usia sekolah agar dapat memiliki kemampuan dalam segala bidang terutama dalam masalah moral sehingga manfaat dari organisasi Pramuka tidak dapat dirasakan secara fisik. “Pramuka itu adalah salah satu organisasi yang mendidik moral karakter bangsa dan ini mesti dipertahankan. Sebab, saat ini telah terjadi pergeseran moral akibat derasnya arus globalisasi,” kata dia.

Ia berharap, kegiatan ini akan dapat menanamkan jiwa kepemimpinan yang kuat, berkarakter dan menambah wawasa para dewan ambalan dalam sistem administrasi satuan gerakan Pramuka. HLD-28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...