Rabu, 16 November 2011

Kemenag Lampura Siap Sambut Jama'ah Haji


Kotabumi, HL - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lampung Utara (Lampura) membentuk panitia  penyambutan jama’ah haji dengan melibatkan sejumlah unsur terkait diantaranya Bagian Sosial Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, Dinas Perhubungan, Polres Lampura, dan Satuan Polisi Pamong Praja. Pembentukan Panitia melalui rapat digelar di Aula Kantor Kemenag Lampu, Rabu (16/11).

Kepala Kantor Kemenag Lampura, Samhuri Razak mengatakan, pembentukan panitia ini dilakukan guna menyambut kepulangan jama’ah haji dari tanah suci mekah, yang rencananya akan kembali sampai di Kabupaten Lampura pada 20 Nopember mendatang. “Alhamdulillah, 346 Jama’ah Haji asal Kotabumi semuanya dalam keadaan sehat wal’afiat. Saat ini mereka sedang bersiap untuk berangkat ke Jeddah pada tanggal 18. Lalu, pada tanggal 19 Nopember yang akan datang, mereka akan meninggalkan tanah suci, dan tiba di Lampura pada tanggal 20 Nopember mendatang,” urai Samhuri.
Dijelaskan, jama’ah haji yang pulang dari tanah suci harus mendapatkan pelayanan terutama mengenai transportasi, dan keamanannya yang perlu melibatkan Kepolisian dan Pamong Praja guna mengamankan kendaraan yang mengangkut barang-barang milik jama’ah haji nantinya. Dimana, setiap kendaraan armada pengangkut Jema’ah Haji akan dikawal dua orang aparat kepolisian dan dua anggota Sat Pol PP,” katanya.

Selama di tanah suci, masih kata dia,  memang ada jama’ah yang sakit. Namun tidak sampai dirawat, karena kebanyakan mereka terkena flu yang disebabkan perbedaan cuaca. “Kebanyakan dari mereka terkena penyakit batuk pilek, yang disebabkan oleh kondisi cuaca yang berbeda dengan keadaan cuaca di tanah air, namun semua dapat teratasi,” ujar dia seraya menjelaskan bahwa sesungguhnya, rukun Haji yang terpenting untuk dilaksanakan yakni melakukan wukuf di Padang Arafah pada 9 Dzulhijah mulai dari tergelincirnya hingga terbenamnya matahari.HLD-28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...