Kamis, 24 November 2011

Demi Adipura, Lampura Tertibkan Ratusan PKL

Kotabumi, HL - Dalam rangka penilaian Adipura tahun 2011, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) melakukan penertiban ratusan Pedagang Kali Lima (PKL) di Pasar Dekon, Jalan Triodeso, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Stasiun Kotabumi Rabu (23/11). Tim gabungan yang terdiri dari Polisi Pamong Praja (Pol PP), Kepolisian, Koramil, Dinas Pengelolaan Pasar, Dinas Tata Kota, Badan Lingkungan Hidup (BLH) itu berhasil menertibkan ratusan PKL diwilayahnya. Kepala Dinas Pengelolaan Pasar setempat, Syaiful Darmawan mengatakan, penertiban PKL Pasar ini dalam rangka penilaian Adipura tahun 2011. Selain itu, penertiban PKL ini juga adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap saat sebagai upaya menciptakan Kotabumi yang indah, bersih dan nyaman. 
 
Dijelaskan dirinya, penertiban ratusan PKL akan berpengaruh secara langsung kepada keindahan kota, dan kelancaran lalu lintas. Sebab, selama ini para PKL itu banyak yang menggelar dagangan di bahu jalan yang menyebabkan badan jalan semakin sempit. Penertiban ini sendiri, jelas dia, sudah cukup maksimal. Dimana PKL yang berada di Jalan Triodeso telah dialihkan ke Jalan Pemuda Kotabumi. Sebab, posisi jalan Pemuda itu berada pada posisi bagian dalam, dan tidak terlalu mencolok dari jantung kota.

Mengenai pedagang buah yang berada di pasar Ganefo dan Jalan Stasiun, kata dia, telah diperintahkan untuk mengambil posisi mundur kebelakang agar keberadaan PKL tersebut agar tertata dengan rapi dan arus lalu lintas dijalan tersebut dapat lancar. Sementara itu Kepala Satuan (Kasat) Pol PP setempat, Rusli Kagung selaku koordinator tim penertiban PKL, ketika dikonfirmasi mengatakan, penertiban ini bukan hanya untuk penilaian Adipura saja, tapi juga sudah untuk menertibkan para PKL Pasar Kotabumi  yang menggelar dagangannya ditempat yang tidak semestinya. “Kita juga sedang mencarikan solusi bagi pedagang buah yang berada di jalan Stasiun Kotabumi. Kalau sudah ada solusinya, kita akan pindahkan ketempat yang lebih sesuai, sehingga keindahan dan ketertiban dan kenyamanan Kota Kotabumi bisa terwujud sesuai dengan harapan semua pihak.HLD-28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...