Senin, 21 November 2011

2012, Lampura Luncurkan E-KTP Gratis


Kotabumi, HL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) rencananya akan melaksanakan program Kartu Tanda Penduduk Elektronik  (E-KTP) tahun 2012 mendatang di 23 Kecamatan. Pembuatan KTP nasional yang merupakan program pemerintah pusat itu akan dilaksanakan secara gratis alias tidak bayar. Pasalnya, seluruh perangkat biaya operasional sudah dianggarkan oleh pemerintah. Panitia Khusus (Pansus) DPRD Lampura dalam pembahasan Raperda E-KTP yang dpimpin oleh Ketua Pansus, Herwan Mega dan dihadiri Sekretaris Kabupaten Lampura, Rifki Wirawan diruang rapat DPRD setempat, Senin (21/11). 

Dalam pembahasan Raperda tersebut, Herwan mengatakan bahwa pembuatan KTP elektronik gratis akan dilaksanakan pada tahun 2012 mendatang. “Semua perangkat, baik sarana maupun prasarana akan dibantu langsung dari pusat. Lampura hanya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM),” urai dia. 


Menurut dia, jika ada dana yang ditimbulkan dalam program KTP elektronik gratis ini, maka dana itu akan dibebankan atau menjadi tanggung jawab pemerintah Kabupaten Lampura. Dengan kata lain, akan dianggarkan melalui APBD pada tahun berjalan.

Sementara itu, Sekdakab Lampura, Rifki Wirawan menyatakan, pihaknya berjanji dan menjamin pelaksanaan program KTP Elektronik gratis yang diakomodir dalam APBD Lampura. Namun dalam melaksanakan program itu, kata dia, sebelumnya harus disiapkan payung hukum. Sebab, jika sewaktu-waktu membutuhkan biaya, maka pemerintah sudah ada payung hukumnya,” terang dia. Tampak dalam rapat ini Koordinator Komisi D Lampura, H. Ruslan Efendi, Ketua Komisi D Mursinah, S.Pd.I, anggota Pansus Raperda  E-KTP, Kepala Kantor Catatan Sipil DPRD Lampuara, Mahendra Reski, Joni Sukirwan, Darwin Hipni, Darwan, BBA, Agung Wijaya, Ali Dermawan, Kadis Catatan Sipil dan Kependudukan Lampura, Zulkifli Mihsan, perwakilan Bappeda serta Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset (DP2KA).HLD-28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...