Minggu, 10 November 2013

TAMBANG LIAR DISOAL WARGA



Kotabumi (SL) – Keberadaan tambang batu yang berada disekitar aliran Way Rarem, di Dusun tiga, Desa Tanjung Riang Kecamatan Tanjung Raja, Lampung Utara (Lampura) disoal warga setempat. Apa pasal?. Keberadaan tambang itu dapat merusak kelestarian alam dan mengancam konstruksi jembatan disekitar lokasi tambang itu.

Suhaili (35), salah satu warga sekitar lokasi menyebutkan bila masyarakat di Desanya mengkhawatirkan kondisi jembatan tersebut pasca adanya tambang liar milik Surani, oknum Kepala Desa. Sebab, dikhawatirkan tambang itu akan berdampak pada konstruksi bangunan jembatan yang berada diatas tambang tersebut. “Warga sangat cemas karena jika aktifitas itu masih diteruskan maka jembatan akan ambruk,” kata dia, Minggu (11/11).

Oleh karenanya, ia meminta kepada seluruh pihak terkait untuk segera meninjau lokasi tambang yang diduga liar tersebut guna mengetahui sejauh mana dampak keberadaan tambang itu terh adap konstruksi jembatan dan ekosistem disekitarnya. “Pemerintah harus lihat langsung lokasi tambang itu agar dapat meminimalisir dampak kerusakan dari tambang itu,” terangnya.

Senada dengan Suhaili, AD (32) warga lainnya juga menyatakan kekhawatiran yang sama. Namun demikian, ia dan warga lainnya tak mampu berbuat banyak karena tambang milik sang Kepala Desa. “Kami ini cuma  warga. Jadi, terima-terima aja. Apalagi itu yang punya pak kades,” ucapnya. 

Sementara, Kepala Desa Tanjung Riang, Surani yang juga sang pemilik tambang melalui ponselnya, tak membantah bila tambang batu itu miliknya. Dirinya berdalih ia hanya ingin menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga setempat. “Lumayan bisa untuk menambah penghasilan bagi warga ekonomi lemah didesa kami,” katanya.

Surani juga membenarkan bahwa tambang miliknya tersebut belum memiliki izin operasi lantaran tambang miliknya hanya tambang kecil. “Itu hanya usaha kecil-kecilan,” ucap dia.

Kabid Pertambangan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Lampura, Budi Parwoto mengaku belum mengetahui ihwal tambang liar didesa tersebut. “Sesegera mungkin kita akan turunkan Tim untuk cek lokasi tambang didaerah itu,” tandasnya.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...