Senin, 11 November 2013

PERALATAN E-KTP DICURI, PELAYANAN E-KTP DIKOTABUMI SELATAN DIHENTIKAN



Kotabumi (SL) – Sejumlah alat perekaman E-KTP di Kantor Kecamatan Kotabumi Selatan, Lampung Utara (Lampura) raib digondol kawanan pencuri, Senin (11/11) sekitar pukul 03.00 WIB dinihari.

Berbagai peralatan perekaman E-KTP tersebut yakni satu unit komputer dan kamera digital. Kerugian ditaksir mencapai Rp. 10 juta rupiah.

Peristiwa pencurian ini kali pertama diketahui oleh sang penjaga kantor yang bernama Syarip (42). Dimana, menurut Syarip, aksi pencurian itu diperkirakan terjadi pada pukul 03:00 WIB. Sebab, sekitar pukul 02:30 WIB, ia sempat pulang ke rumah untuk makan dan sejam kemudian kembali ke kantor.

"Setiba dikantor pada pukul 03.00 WIB, saya melihat pintu belakang kantor sudah terbuka dan rusak," kata dia usai melaporkan kejadian itu di Polres Lampura.

Saat masuk ke dalam kantor, terusnya, ruangan E-KTP sudah terbuka dan berantakan. Ketika diperiksa, sejumlah peratan E-KTP seperti computer dan kamera E-KTP telah tidak berada ditempatnya. Bukan itu saja, sejumlah ruangan seperti ruang sang Camat, sekretaris camat, ruang kasubag keuangan pun tak luput dari jarahan. "Selain Komputer, dan kamera E-KTP yang hilang, ruangan pak camat, Sekcam dan Kasubag keuangan juga diacak – acak,” terangnya.

Sementara, menurut salah seorang anggota Identifikasi Polres Lampura, Bripka Suroto pelaku diperkirakan lebih dari satu orang, dan masuk melalui pintu bagian belakang kantor dengan merusak menggunakan alat khusus. "Sepertinya para pelaku adalah spesialis bongkar rumah jika dilihat dari cara mereka membobol pintu. Saat ini, kami masih melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan beberpa saksi agar mempermudah pengungkapan,"pungkas Suroto.

Perekaman E KTP dihentikan sementara
Camat Kotabumi Selatan, Nujum Masya menuturkan bahwa akibat dari pencurian tersebut pelayanan perekaman E-KTP terpaksa dihentikan sementara. "Sementara ini, pelayanan E-KTP kita tunda sekitar 1-2 hari kedepan. Sebab, kita harus berkordinasi dengan pihak Dinas Kependudukan guna pergantian alat yang hilang itu,” tutup pria berperawakan kurus ini.(Feaby).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...