Senin, 30 September 2013

RATUSAN HEWAN DISUNTIK RABIES


Kotabumi (SL) – Guna meminimalisir penyakit rabies diwilayahnya, Dinas Pertanian dan Peternakan Lampung Utara (Lampura) terus melakukan vaksinasi anti rabies terhadap ratusan binatang yang mengandung rabies seperti Anjing, Kucing, Kera dan Monyet. 
“Suntikan anti rabies untuk dilakukan terhadap hewan yang mengandung rabies seperti Anjing, Kera, Monyet. Vaksinasi binatang ini sebagai bentuk antisipasi atau mencegah bahayanya binatang yang mengandung rabies,” kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan setempat, Halil, Senin (30/9)

Ia menjelaskan bahwa hingga saat ini, pihaknya telah melakukan vaksinasi hewan yang mengandung rabies di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Tanjungraja, Sungkai Utara, dan Sungkai Tengah. Dimana, pada setiap Kecamatan, pihaknya melakukan vaksinasi sedikitnya 200 ekor hewan. ”Setiap Kecamatan, sedikitnya 200 ekor binatang yang kita vaksinasi,” terang dia.
Menurut Hilal, program vaksinasi terhadap hewan yang mengandung rabies tersebut akan dilaukan hingga bulan Desember mendatang dan dilakukan secara bergiliran disetiap Kecamatan di Lampura. “Untuk bulan Oktober ini, kita  akan melakukan vaksinasi di Kecamatan Bukit Kemuning,” ujar dia seraya menambahkan bahwa dalam melakukan vaksinasi tersebut, pihaknya menangkap dan memvaksinasi langsung binatang yang pembawa rabies.
Dijelaskannya juga, Vaksin anti rabies tersebut berasal dari Bandung, Jawa Barat yang didapat melalui proses pemesanan yang cukup lama sehingga menyebabkan program ini berjalan dengan lama. Kendati begitu, ia menghimbau kepada masyarakat untuk dapat bersama – sama mendukung program tersebut, dengan cara membantu menangkap dan mempersiapkan binatang untuk disuntik vaksin rabies saat petugas datang. “Kita harap, melalui program ini, dampak dari bahaya rabies bisa dicegah atau diminalisir diwilayah Lampura,” tutup dia. (Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...