Kamis, 12 September 2013

KPU SIAPKAN 15.580 SURAT SUARA CADANGAN



Kotabumi (SL) -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerjunkan sedikitnya 100 warga dalam pelipatan kertas surat suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Lampung Utara (Lampura), dikantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Kamis (12/9).

"Untuk melipat kertas suara yang berjumlah 457.561 lembar itu, kita memberdayakan warga sekitar kantor ini yang jumlahnya mencapai 100 orang. Surat suara ini sendiri dicetak di Kota Metro, Lampung Tengah dan tiba dikantor KPU pada Rabu malam (11/9) sekitar pukul 21:30 WIB," kata Sekretaris KPU Lampura, Firdaus, dikantornya.

Sementara mengenai berapa nilai proyek pengadaan kertas surat suara itu, Firdaus menyebutkan bahwa nilai proyek pengadaan kertas surat suara itu mencapai sekitar Rp. 366 juta dan dikerjakan oleh CV. Aneka Printing Junior yang keluar sebagai pemenang lelang pengadaan surat suara di Lembaga Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Lampura. "Lelangnya sudah di LPSE. Dan dimenangi oleh CV. Aneka Printing Junior," ucap dia seraya menambahkan untuk setiap lembar kertas surat suara yang dilipat itu, para pekerja akan mendapat upah Rp. 75,00.

Ia juga menuturkan bahwa selama proses pencetakan itu, surat suara yang mengalami kerusakan sebanyak 1.917 lembar dan langsung dilebur atau dimusnahkan oleh pihak percetakan untuk mencegah hal - hal yang tidak diinginkan. "(Surat suara yang rusak) sudah dilebur dipercetakan. Barang buktinya sudah dibawa kesini, dan disaksikan oleh pihak Kepolisian," terangnya.

Sedangkan mengenai kapan pendistribusian surat suara itu ke setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara), Firdaus mengatakan bahwa kertas surat suara itu akan mulai didistribusikan paling lambat pada H-3 sebelum pencoblosan. "Setelah proses pelipatan ini selesai maka secepatnya kita akan distribusikan ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) yang akan diteruskan ke Panitia pemungutan suara (PPS). "Oleh PPS, surat suara itu akan diteruskan ke KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) untuk didistribusikan ke setiap tempat pemungutan suara (TPS). Paling lambat, H-3 sebelum pencoblosan, pengiriman surat suara itu selesai," katanya.

Ditanya tentang berapa banyak jumlah kertas surat suara cadangan yang dipersiapkan pihaknya dalam Pemilukada ini, ia menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan kertas surat suara cadangan sebanyak 15.580 kertas suara. "Jumlah DPT kita kan ada 441.981. Jadi, 457.561 jumlah kertas suara dikurangi jumlah DPT, itulah jumlah surat suara cadangan," paparnya lagi.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...