Minggu, 22 September 2013

ABDI DAN ZA SALING KLAIM KEMENANGAN



Kotabumi (SL) - Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara (Lampura), Agung - Paryadi (ABDI) unggul sementara dalam hasil perolehan sementara Pemilihan Umum Kepala Daerah setempat, Kamis (19/9).

Hal ini diketahui berdasarkan penghitungan sementara Desk Pemilukada yang dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Dimana, berdasarkan jumlah perolehan suara sementara yang masuk hingga pukul 17:30 WIB yang berjumlah 47,018 suara, Paslon ABDI memperoleh raihan suara tertinggi dengan perolehan suara 24.810 suara atau 52,77 persen. Sedangkan, Paslon Zainal Abidin - Anshori (ZA) menempati urutan kedua dengan perolehan suara 17.161 suara. Sedangkan Paslon Yudayono (M. Yusrizal ST - Yoyot Sukarno) dan Kedeso (Kesuma Dewangsa - Sementara, untuk urutan kedua ditempati oleh Paslon Petahana, Zainal Abidin - Anshori Djausal (ZA). Sedangkan urutan ketiga dan keempat ditempati oleh Paslon Yudayono (M. Yusrizal ST - Yoyot Sukarno) dan Paslon Kedeso (Kesuma Dewangsa - Supeno). Dengan rincian, Yudayono meraih 3.617 suara, dan Kedeso memperoleh 980 suara.

Begitupun dengan hasil penghitungan cepat (Quick Count) Rakata Institute pada 60 TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang tersebar secara proporsional di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Utara. Dimana, berdasarkan hasil Quick Count yang dilakukannya, Rakata Institute menyimpulkan bahwa Pilkada Lampung Utara berlangsung satu putaran dan dimenangkan oleh pasangan Agung - Paryadi dengan perolehan suara 46,00 persen dengan tingkat partisipasi pemilih 76,42%. Sementara, urutan kedua ditempati oleh Paslon ZA, dengan perolehan suara 39, 63 persen. Sedangkan, Paslon Yudayono memperoleh 10,72 persen, dan urutan buncit, ditempati oleh Paslon Kedeso dengan perolehan suara 3,65 persen.
Sementara, berdasarkan penghitungan sementara dari Tim ZA Center dan Quick Count dari Universitas Lampung (Unila), Paslon ZA mengungguli Paslon ABDI dengan kisaran angka sekitar 5 persen. ”Dari data yang dihimpun, kita jauh lebih unggul di 12 Kecamatan yakni Abung Kunang, Abung Tengah, Abung Pekurun, Abung Barat, Abung Surakarta, Abung Tinggi, Hulu Sungkai, Abung Timur, Abung Selatan, Tanjungraja, Bunga Mayang dan Blambangan Pagar,” kata Ketua GEMAR ZA, Imam Syuhada, saat menggelar konferensi pers di ZA Center, Kamis (19/9).

Terdapat selisih suara, lanjut dia, antara pasangan nomor urut 1(satu) dan 4(empat) sekitar lima persen lebih itu berdasarkan Quick count yang dilakukan pihak Unila (Universitas Lampung). ”Ini yang penting dan perlu kita luruskan sambil menunggu penghitungan yang akan dilakukan KPU. Sampai detik ini kita telah unggul di 12 Kecamatan. Sehingga sesat dan keliru jika ada salah satu pasangan calon yang menilai sudah memenangkan Pilkada Lampura,” ujar dia.

Ditambahkan Ketua Tim Pemenangan dan kampanye Farouk Danial, penghitungan yang benar yang dilakukan tim survei independen, Tim ZA mendapat 47 persen sedangkan tim ABDI mendapat 41 persen suara. "Namun demikian, kita tetap mengacu kepada penghitungan yang akan dilakukan KPU dan itu merupakan keputusan finalnya,” tuturnya. 

Farouk juga berharap, massa pendukung ZA dapat menahan diri demi terciptanya pemilukada yang damai dan indah ini dapat tepat sasaran di Lampura ini. namun demikian, hasil sementara ini tidak dapat dijadikan patokan lantaran masih menunggu hasil penghitungan akhir secara manual dari Komisi Pemilihan Uumum Lampura.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...