Senin, 14 Januari 2013

RIZA PACHLEVI : SIAP MAJU LEWAT JALUR INDEPENDEN


Kotabumi, (SL) - Letkol. M. Riza Fahclevi, salah satu Bakal Calon Bupati (Balonbup) Lampung Utara (Lampura) periode 2014 – 2019 menyatakan siap maju melalui jalur independen pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) setempat mendatang.

"Kita siap maju lewat jalur independen pada Pilkada Lampura bila  nantinya saya tak mendapat kendaraan politik," tegasnya, via ponselnya, Minggu (13/1).

Kendati demikian, dirinya mengatakan bahwa saat ini, dirinya masih melakukan pendekatan yang intens kepada sejumlah Partai Politik yang ada (Parpol) agar dapat mengusung dirinya pada Pemilukada mendatang. "Komunikasi dengan Parpol masih terus diupayakan," kata dia.

Guna memuluskan dukungan Parpol itu diantaranya, kata dia lagi, dirinya akan kembali mendaftar pada Parpol yang telah membuka pendaftaran Balonbup. "Jika ada Parpol yang buka pendaftaran Balonbup, kita akan daftar. Tapi, tetap kesamaan visi dan misi akan menjadi pertimbangan utama kami dalam mendaftar pada sebuah Parpol," tutur dia..

Dirinya juga membantah tudingan yang sengaja dilontarkan oleh sejumlah pihak yang kurang bertanggung jawab kepadanya mulai dari isu pencalonan dirinya tidak mendapat restu atasannya hingga isu mutasi ke Kalimantan. "Banyak isu yang mengatakan bahwa saya tidak diizinkan atasan saya untuk mencalonkan diri sebagai Bupati dan isu saya telah dimutasi ke Kalimantan," terangnya.

Sebagai bukti nyata keseriusan saya mengikuti Pemilukada mendatang, terus dia, saat ini dirinya tengah mengajukan pensiun kepada institusi yang telah menaunginya selama 24 tahun tersebut. "Proses pensiun dini yang telah saya ajukan kini hanya tinggal menunggu persetujuan pimpinan (Panglima TNI)," jelas dia seraya menjelaskan bahwa masa pengabdian dirinya pada waktu normal masih tersisa sekitar 10 tahun lagi.

“Saya tidak main - main dalam pencalonan diri menjadi Bupati di Lampura, berkas pendaftaran Balonbup yang saya serahkan ke Partai PAN pada Sabtu (12/1) lalu, lampirannya ditanda tangani Komandan Saya," jelas Kabag Umum Dinas Pendidikan Mabes TNI Angkatan Laut ini.

Ditanya mengenai calon pendampingnya pada Pemilukada mendatang, mantan Kepala Pemukiman Angkatan Laut ini menuturkan bahwa semuanya tergantung kepada kebijakan Parpol yang akan mengusung dirinya. “Soal pendamping, saya serahkan sepenuhnya kepada Parpol yang akan mengusung saya,” jelasnya singkat.

Ditempat berbeda, Komisioner KPU Lampura, M. Tio Aliansyah menjelaskan bahwa syarat seorang independent yang maju dalam Pemilukada mendatang haruslah memenuhi 4 persen dari jumlah penduduk sesuai dengan peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2012. Dimana berdasarkan Data Agregat Kependudukan Kecamatan yang diserahkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ke KPU Lampura pada 6 Desember 2012 lalu, jumlah penduduk Lampura mencapai 780.937 jiwa. “Jadi 4 % dukungan dari 780.937 jumlah penduduk itulah yang akan menjadi syarat dukungan calon independen,” tuntas dia.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...