Selasa, 22 Januari 2013

DISDUKCAPIL PINJAM ALAT E-KTP

Kotabumi (SL) - Aksi pencurian sejumlah peralatan E-KTP di Kantor Kecamatan Abung Barat, Lampung Utara (Lampura) membuat program E-KTP di Kecamatan tersebut tersendat.

“Terpaksa kita hentikan sementara pelaksanaan E-KTP, karena peralatannya hilang dicuri. Namun demikian kita sudah laporkan hal ini kepada pihak Kepolisian,” kata Camat Abung Barat, Murni Rizal di pelataran kantor Pemkab Lampura, Senin (21/1)
Terkait tersendatnya perekaman E-KTP diwilayahnya, Murni Rizal mengatakan bakal berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(Disdukcapil) Kabupaten.

Ditempt berbeda, Sekretaris Disdukcapil setempat, Darius Zulkarnain, diruangannya, Senin (21/1) menjelaskan untuk mengatasi tersendatnya pelayanan program E-KTP di Kecamatan Abung Barat, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lampura akan meminjam peralatan kepada Kecamatan yang tingkat pelayanan E-KTP diwilayahnya telah berkurang.

"Kita akan pinjam alat - alat E-KTP kepada Kecamatan yang pelayanan E-KTP nya telah berkurang," terang Sekretaris Disdukcapil setempat, Darius Zulkarnain, diruangannya, Senin (21/1).

Darius menyebutkan penduduk yang telah melakukan rekam E-KTP diwilayah Kecamatan Abung Barat telah mencapai 79.83 persen. "Dari total jumlah penduduk 18.855 jiwa, yang telah mengikuti program E-KTP sebanyak 15.052 jiwa. Jadi, hanya sekitar 3000 jiwa saja yang belum melakukan rekam E-KTP," kata dia.

Terkait aksi pencurian alat E-KTP ini, Darius mengaku telah menyampaikannya ke Administrasi Penduduk (dminduk) Kementerian Dalam Negeri. "Kita akan tunggu petunjuknya apa terkait pencurian ini. Apakah kita harus mengganti alat - alat yang tercuri itu atau seperti apa?," urainya.

Diketahui, sejumlah peralatan Elektronik KTP (E-KTP) di Kantor Camat Abung Barat (Ogan Lima), Lampung Utara (Lampura) digondol maling, Kamis  dini hari, (17/1). Akibat dari aksi pembobol tersebut, sedikitnya tiga unit  monitor, satu unit kamera digital, 3 tiga buah Stabilizer dan satu unit  printer berikut keyboard lenyap.

Aksi pencurian kantor ini sendiri pertama kali diketahui oleh petugas bersih – bersih dikantor itu, Wak Ning (60) ketika akan melakukan aktifitas bersih-bersih dikantor itu sekitar pukul 06:00 WIB.

Warga Bedeng dua, Ogan Lima itu menuturkan bahwa dirinya terkejut ketika  melihat ada tiga unit stabilizer dibelakang pagar kantor dan melihat  pintu ruangan pembuatan E-KTP telah terbuka. “Saya langsung mendatangi  Polsek Abung Barat untuk melaporkan kejadian itu berdasarkan petunjuk Pak  Camat,” jelasnya.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...