Rabu, 09 Oktober 2013

DISTANAK SIAP PANTAU HEWAN KURBAN



Kotabumi (SL) - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Lampung Utara (Lampura) mulai melakukan pemantauan hewan kurban didaerahnya. Dimana, pemantauan ini sendiri dimulai sendiri dimulai sejak tanggal 8-18 Oktober ini.

"Hari ini (kemarin), tim pemantauan kesehatan hewan kurban telah memantau kesehatan hewan kurban dipasar hewan dadakan atau pada belantik (pedagang perantara) Kecamatan. Pemantauan ini hingga H+3 setelah hari raya kurban," kata Kasi Kesehatan Hewan, Utami Handayani, diruangannya, Selasa (8/10).

Tim pemantauan tersebut, masih kata perempuan berjilbab ini, berjumlah 23 orang yang terdiri dari pegawai Distanak dan Unit Pelaksana Tekhnis Distanak di Kecamatan. Dimana tugas utamanya ialah untuk memastikan kepada masyarakat bahwa hewan kurban yang dijual oleh para penjual tersebut merupakan hewan yang bebas dari penyakit alias sehat. "Kita tidak ingin hewan kurban yang dijual itu hewan yang terkena penyakit seperti penyakit kulit, cacingan," tuturnya lagi.

Selain tim pemantauan dari pihaknya, pemantauan hewan kurban di Lampura juga akan dilakukan secara langsung oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung. Dimana dalam pemantauan bersama tersebut, pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Lampung akan membagikan 2000 kartu sehat kepada  penjual hewan kurban yang telah diperiksa. "Nantinya, setelah hewan itu dinilai sehat, maka akan kita kalungkan dilehernya (hewan) kartu sehat tersebut," terangnya.

Disinggung mengenai apa yang dilakukan pihaknya bilamana dalam pemantauan hewan kurban tersebut pihaknya mendapati sejumlah hewan yang tidak sehat, ibu muda ini menyebutkan bahwa pihaknya akan menganjurkan kepada pihak penjual untuk mengurungkan menjual hewan itu. "Tapi pada umumnya, masyarakat sudah tahu mana hewan yang sehat dan mana hewan yang sakit," tutup dia.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...