Kamis, 06 Juni 2013

YUDAYONO DAN Z-A DAFTAR BALON


Kotabumi (SL) – Sedikitnya dua pasangan Bakal Calon Kepala Daerah dan Bakal Calon Wakil Kepala Daerah (Balonkad) Lampura resmi mendaftarkan diri ke KPU setempat pada hari kelima pembukaan pendaftaran Balonkada, Selasa (4/6).

Kedua pasangan tersebut yakni pasangan Yudayono (M. Yusrizal, ST dan Yoyot Sukarno) dan pasangan incumbent ZA (Zainal Abidin – Anshori Djausal). Namun kedua pasangan tersebut tidak datang dalam waktu yang bersamaan. Dimana, pasangan Yudayono datang ke KPU setempat pada pukul 10:00 WIB. Sementara, pasangan ZA mendaftarkan diri pada pukul 16:00 WIB.

Pasangan ZA sendiri sebelum mendaftarkan diri sebagai Balonkada, sempat menggelar deklarasi Koalisi Gerakan Bersama Rakyat (Gemar) sekitar pukul 14:00 WIB, di kompleks Islamic Center Kotabumi. Deklarasi ini sendiri dihadiri oleh ribuan massa dari dan simpatisan dari Partai Politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Gemar.

Sementara, Parpol yang tergabung dalam Koalisi Gemar tersebut diantaranya Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDI-P), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), dan Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI).

Hasil pemeriksaan sementara Komisioner KPU Lampura, berkas dukungan kedua pasangan tersebut dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat minimal sesuai dengan Peraturan KPU nomor 9 tahun 2012 tentang Pedoman Teknis Pencalonan Pilkada. Dimana, persyaratan utama dalam pencalonan seorang Balonkada harus didukung sedikitnya oleh 15 persen  suara atau perolehan kursi di DPRD.

Dimana, Partai pengusung pasangan Yudayono yakni Partai Demokrat memperoleh sedikitnya delapan kursi di DPR alias telah melebihi batas minimal perolehan suara yang dibutuhkan. Sementara, pasangan incumbent ZA yang didukung oleh tujuh partai yang memiliki sekitar 21 kursi di DPRD Lampura, jumlah dukungan suaranya telah melebihi batas minimal yang ditentukan alias memenuhi persyaratan.

“Dengan total 21 kursi di DPRD atau hampir 45 persen, maka kita nyatakan dukungan suara ini telah memenuhi persyaratan,” kata ketua KPU setempat, Marthon, seusai menerima pendaftaran pasangan incumbent ZA.

Bupati Zainal Abidin, usai pendaftaran mengatakan dirinya optimis keluar sebagai pemenang dalam Pemilukada mendatang denga satu putaran. “Dengan modal awal 45 persen suara dari tujuh partai politik pengusung ini, kita opitmis menjadi pemenang,” katanya seraya mengharapkan pihak KPU dapat segera melakukan verifikasi factual terhadap berkas miliknya.

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan utama pencalonan dirinya dalam Pemilukada ini ialah untuk melanjutkan seluruh program yang telah ia programkan sejak terpilih seabgai Bupati pada tahun 2008 lalu. “Kita ingin melanjutkan program – program yang telah kita buat agar apa yang menjadi harapan masyarakat Lampura dapat tercapai,” tuntas pria yang akrab dengan sebutan sidi ini.

Hingga hari kelima pendaftaran Balonkada KPU Lampura, tercatat sedikitnya tiga pasangan Balonkada yang telah resmi mendaftarkan diri. Ketiga pasangan tersebut yakni Pasangan ABDI (Agung bersama Paryadi), pasangan Yudayono (M. Yusrizal, ST. dan Yoyot Sukarno) dan pasangan incumbent ZA, (Zainal Abdin – Anshori Djausal). Pasangan ABDI sendiri mendaftarkan diri pada hari pertama pembukaan pendaftaran Balonkada, Jum’at (31/6) lalu.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...