Kamis, 06 Juni 2013

RR DAN KEDESO BEREBUT DUKUNGAN

Kotabumi (SL) – Sebanyak lima pasangan calon siap meramaikan perhelatan Pemilukada Lampung Utara (Lampura) pada September mendatang. Hal ini diketahui setelah kelima pasangan tersebut secara resmi telah mendaftarkan diri pada pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah (Balonkada) yang dibuka KPU setempat sejak 31 Mei – 6 Juni.

Kelima pasangan tersebut yaitu pasangan Abdi (Agung Ilmu Mangkunegara bersama Paryadi), pasangan Yudayono (M. Yusrizal, ST dan Yoyot Sukarno), pasangan incumbent ZA (Zainal Abidin - Anshori), pasangan RR (M. Riza Pachlevi dan Ruslan Effendi), pasangan Kedeso (Kesuma Dewangsa dan Supeno).

Kendati demikian, dari kelima peserta Balonkada tersebut, dua pasangan Balonkada RR dan Kedeso sepertinya belum dapat bernafas lega. Pasalnya, terdapat dukungan ganda dari Partai Politik pengusung keduanya. Dimana, Partai Barisan Nasional turut dilampirkan kedua pasangan tersebut sebagai salah satu partai pengusung keduannya dalam Pemilukada nanti. Partai Barisan Nasional sendiri merupakan partai non parlemen dengan persentase perolehan suara sebesar 0,70 persen dalam Pemilu 2009 lalu.

Disamping partai tersebut, partai lainnya yang diduga memberikan dukungan ganda kepada pasangan Balonkada adalah Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI). Parpol tersebut ditengarai memberikan dukungan ganda kepada pasangan Kedeso dan pasangan incumbent ZA.

Menanggapi adanya indikasi dukungan ganda dari parpol pengusung para Balonkada, Ketua KPU Lampura, Marthon menyebutkan pihaknya akan melakukan verifikasi hal tersebut. Kendati begitu, ia mengatakan bahwa untuk sementara ini pihaknya menilai jumlah dukungan dari kedua Balonkada tersebut telah mencukupi ketentuan yakni diatas 15 persen.

"Karena ada beberapa parpol yang berikan dukungan ganda maka kita akan verifikasi kebenarannya," kata dia.

Proses verifikasi yang akan dilakukan pihaknya tersebut diantaranya dengan memeriksa ulang setiap parpol pendukung kedua Balonkada tersebut. Namun, bila melalui langkah itu masih juga belum dapat ditemukan kebenarannya, maka pihak berkoordinasi dengan pimpinan parpol baik ditingkat pusat maupun provinsi. "Kita akan lakukan verifikasi administrasi terlebih dahulu. Baru kemudian, masuk ke verifikasi faktual," terangnya.

Pasangan Kedeso menyerahkan sepenuhya persoalan tersebut kepada pihak KPU Lampura agar dapat memeriksa keabsahan dukungan parpol pengusungnya. "Soal adanya indikasi dukungan ganda, kita minta KPU untuk dapat memverifikasi secara serius dukungan yang sudah diberikan. Kalau dukungan yang kami terima sudah lebih dari 15 persen di tambah satu parpol yang memiliki parlemen di DPRD Lampura," tuntas pria murah senyum ini.

Sementara, berdasarkan catatan KPU setempat, pasangan RR mengantongi 16,47 persen suara dari enam Parpol pengusungnya. Keenam Parpol itu ialah Partai Golkar, dan parpol non parlemen seperti  PPDI, Partai Pakar, PPRN, PKNU serta PBN. Sedangkan dari 20 parpol pendukungnya yang terdiri dari 1 parpol yang memiliki kursi di DPRD Lampura, dan 19 partai non parlemen, pasangan Kedeso mengantongi 16,76 persen suara.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...