Selasa, 28 Mei 2013

PENCAIRAN GAJI 13 BELUM JELAS


Kotabumi (SL) - Lantaran aturan tentang pencairan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk tahun ini belum keluar, gaji ke-13 PNS Lampung Utara (Lampura) hingga kini belum dapat dicairkan.

"Peraturannya belum ada makanya belum bisa kita cairkan (gaji 13)," terang Kabid Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat, Sayuti, diruangannya, Selasa (28/5).

Sebab, masih menurutnya, peraturan inilah yang menjadi dasar dalam pencairan gaji ke-13 PNS diseluruh daerah termasuk Kabupaten Lampura. "Bila sudah ada pasti kita laporkan ke Bupati untuk mendapat petunjuk tentang pencairan dana tersebut," jelasnya.
Ia menuturkan tahapan selanjutnya yang akan dilakukan pihaknya setelah petunjuk Bupati mengenai pencarian gaji 13 itu diterima maka pihaknya akan segera menindaklanjutinya dengan mengirimkan SE kepada seluruh SKPD Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) guna menyampaikan data para pegawainya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya selalu proaktif dalam mendapatkan informasi tentang pencairan dana gaji ke-13 tersebut salah satu diantaranya melalui internet. "Kita selalu proaktif cari informasi terkait peraturan tersebut diinternet supaya dapat segera direalisasikan dilapangan," ujarnya seraya menambahkan setelah mendapatkan peraturan tentang gaji ke-13 tersebut, pihaknya akan memastikan keabsahan peraturan itu ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Lampura.

Sedangkan mengenai besaran dana yang akan dihabiskan bagi gaji ke-13 itu, mantan Kabid Perbendaraan BPKAD ini mengemukakan bahwa alokasi untuk gaji ke-13 ini dana sekitar Rp. 37 Miliar. "Kalau dananya itu sudah ready (siap). Tapi ya itu, aturan untuk mencairkannya memang belum kita terima. Jadi bukannya kita memperhambat atau apa," beber dia.

Namun, kata dia, berdasarkan pengalaman tahun - tahun sebelumnya, peraturan tentang pencairan dana gaji ke-13 terbit sekitar bulan Juni. "Biasanya gaji ke-13 itu cair sekitar bulan - bulan Juni," tuntasnya.

Sementara, M. Isro, staf Humas Pemkab setempat mengaku sangat berharap gaji ke-13 itu segera cair guna memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Selain itu, dana itu juga sangat berarti bagi PNS mengingat tahun ajaran baru anak sekolah mulai dekat. "Ya. Kami sangat berharap dana itu cair segera. Mengingat tahun ajaran baru untuk anak sekolah sudah dekat bang," kata dia.(Feaby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...